Tumbangkan Spanyol, Jepang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Yoseph Mario Antognoni
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 05:24 WIB
Gol balasan Jepang diciptakan oleh Ritsu Doan pada menit 48, setelah melakukan tendangan keras melewati dua pemain Spanyol. Foto: iNewsFlores.id/Istimewa

Al Khor, iNewsFlores.id - Tim Nasional (Timnas) Jepang berhasil menumbangkannya Timnas Spanyol  dengan skor 2-1 pada laga pamungkas penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Pertandingan terakhir di Grup E ini berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Jumat (2/12/2022).

Dengan hasil ini Jepang menjadi tim kedua dari zona AFC (Asian Football Confederation) yang lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022, setelah Timnas Australia. Jepang berhasil mengumpulkan poin 6 sekaligus memimpin klasmen setelah memenangkan dua laga.

Meski kalah dari Jepang, Spanyol mendampingi Jepang sebagai runner-up di Grup E. Tim Matador tetap lolos meski mempunyai poin yang sama dengan Jerman, namun unggul produktivitas gol.

Pertandingan antara Jepang vs Spanyol berlangsung ketat, dan saling menyerang. Jual beli serangan tidak dapat dihindari pada babak pertama, namun pada menit 12 Spanyol berhasil unggul setelah umpanku silang Cesar Azpilicueta dari sisi kanan berhasil diselesaikan dengan kepala oleh Alvaro Morata.

Namun pada babak kedua Tim Samurai Biru mampu menekan Tim Matador hingga dua gol cepat berhasil dilesakan Jepang dalam tempo kurang lebih 3 menit. Gol pertama Jepang diciptakan oleh Ritsu Doan pada menit 48, setelah mendapat assist dari Junya Ito. Dan gol kedua di ciptakan oleh Ao Tanama pada menit 51 setelah mendapat assist dari Kaoru Mitoma.

Dengan hasil ini Jepang memimpin di Grup E dengan poin 6, disusul Spanyol diurutan kedua dengan poin 4, sedangkan Jerman yang mengalahkan Kostarika dengan skor 4-2 harus puas menempati posisi ketiga dengan poin 4, dan posisi juru kunci atau tempat keempat di tempati Kostarika dengan poin 3.

Selanjutnya Jepang dan Spanyol yang lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022 akan menantang juara dan runner-up Grup  F, Maroko dan Kroasia.

Empat tim tersebut praktis akan saling berjibaku di babak 16 besar. Sebagai juara Grup E, Jepang bakal bersua Kroasia, yang merupakan runner-up Grup F. Keduanya akan bertemu di Stadion Al Janoub pada Senin, 5 Desember malam pukul 22.00 WIB

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini