get app
inews
Aa Read Next : Incumbent Pecah Kongsi Pilkada di NTT, Heri Ngabut Siap Tarung di Manggarai

400 Siswa Kurang Mampu di Manggarai Dapat Bantuan PIP

Kamis, 22 Desember 2022 | 18:25 WIB
header img
Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Remigius Mahal saat menyerahkan secara simbolis PIP Aspirasi kepada siswa di SMAN 3 Cibal, Rabu (21/12/2022). Foto: iNewsflores/Ronald Tarsan.

Ruteng, iNewsFlores.id - Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Remigius Nalas menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Aspirasi kepada 400 siswa yang tersebar di Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai - Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Adapun 400 siswa tersebut tersebar di SDK Pagal 1; SDK Pagal 2; SDI Kuwu; SDI Perak; SDK Ri'i; SDK Welu; SDI Nimbong;  SDI Barang; SMPN 3 Cibal;  SMPN 10 Cibal; SMPN 5 Cibal dan SMA 3 Beamese.

Remi Nahal begitu ia akrab disapa mengatakan, bantuan bersumber dari PIP itu berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Ia menjelaskan, KIP diberikan sebagai penanda atau identitas penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Kartu tersebut memberi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. 

Remi menambahkan, siswa pemilik KIP pada jenjang SD, SMP dan SMA menerima bantuan dana dari pemerintah yang dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi.

PIP sendiri kata dia, dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin, untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Di hadapan orangtua siswa penerima PIP Aspirasi, Remi menjelaskan bahwa tugas DPR adalah untuk menyerap aspirasi dan menyampaikannya kepada pemilik kebijakan yakni eksekutif. 

"Saya hadir hari ini, untuk memberitahukan kepada bapak-ibu semua bahwa aspirasi yang disampaikan melalui saya selaku anggota DPRD sudah berhasil. Bantuan ini merupakan hasil Aspirasi kami yang disampaikan melalui Partai Gerindra kepada pemerintah pusat. Puji Tuhan kita mendapatkan kouta yang cukup banyak," ujarnya saat menyerahkan secara simbolis PIP Aspirasi kepada siswa di SMAN 3 Cibal, Rabu 21 Desember 2022. 

Politisi Gerindra Manggarai itu menguraikan, PIP Aspirasi ini lebih diprioritaskan kepada siswa yang sebenarnya tidak mampu namun tidak ter-cover dalam PIP Reguler. Sehingga selama ini pihaknya berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menyampaikan usulan kepada pemerintah.

Ia berharap agar bantuan tersebut dapat bermanfaat dan bisa membantu para siswa dalam memenuhi kebutuhan mereka. Ia juga berpesan agar bantuan itu tidak disalahgunakan. 

Kepala Sekolah SMAN 3 Cibal, Aloysius Ganggor mengaku bersyukur karena siswa yang tidak ter-cover dalam PIP selama ini akhirnya mendapatkan bantuan melalui PIP Aspirasi dari Partai Gerindra. 

"Saya beryukur dan berterima kasih kepada Partai Gerindra dan Pa Remi sebagai anggota DPRD bahwa mereka turut membantu lembaga ini," ujarnya.

Sementara salah satu perwakilan orangtua siswa, Emilia Sinur mengaku senang karena anaknya menjadi salah satu penerima bantuan PIP Aspirasi dari Partai Gerindra. Apalagi selama ini, anaknya belum pernah mendapatkan bantuan dari sekolah.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Partai Gerindra yang sudah memberikan perhatian kepada anaknya melalui PIP Aspirasi itu. "Sebagai orangtua, kami mengucapkan terima kasih kepada Partai Gerindra, khususnya Pa Remi yang peduli dengan kami," katanya. 

Menurut dia, bantuan tersebut sangat bermanfaat dan bisa meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan anaknya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut