get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

BOP-LBF dan Dinas Pariwisata Manggarai Timur Melaksanakan Rapat Persiapan Festival Kopi Lembah Colol

Rabu, 22 Februari 2023 | 23:28 WIB
header img
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan BPO LBF saat melaksanakan audiensi persiapan Festival Kopi lembah Colol. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan audiensi dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BOP - LBF) terkait persiapan Penyelenggaran Festival Kopi Lembah Colol bulan Juli mendatang.

Kepada iNews, Selasa (21/02/2023), Rofinus Hibur, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, menjelaskan bahwa saat beraudiensi dengan BPO LBF, Direktur utama BPO-LBF menyampaikan beberapa poin.

Pertama, rancangan kegiatan festival diperbaiki oleh tim di BPO-LBF  untuk dimasukkan dalam ideaton sehingga bisa mendapatkan dukungan anggaran/pembiayaan.

Kedua, festival kopi di lembah Colol harus berbeda dari kegiatan festival kopi lain di seluruh Indonesia. 

Ketiga, kesiapan Kelompok pariwisata  (Pokdarwis) dalam menangani kunjungan wisatawan. Mesti disesuaikan dengan kemampuan mereka mengatur kunjungan tamu ke objek wisata.

Empat, persiapan obyek wisata. Mesti segera dilakukan pemetaan lokasi objek wisata yang dikunjungi. Buat roadmap, papan informasi dan penunjuk arah yang tepat agar tidak wisatawan tidak bingung.

Kelima, persiapan homestay. Pastikan data jumlah homestay, kapasitas kamar tidur, alamat dimana, nama homestay atau pemilik siapa, lengkap dengan kontak person pemilik atau yang mengatur homestay. Sehingga tamu tidak bingung dan bisa cepat ambil keputusan untuk menginap di tempat lain bila kamar penuh atau homestay tidak tersedia.

Keenam, BPI-LBF bersedia menyediakan tempat di kantor BPO-LBF untuk pertemuan dengan mitra Pariwisata di Labuan Bajo seperti ASITA, HPI dan PHRI terkait kegiatan festival kopi Lembah Colol.

Ketujuh, sebelum kegiatan temu mitra di Labuan Bajo, semua persiapan dari poin 1-6 sudah final. Sehingga data dan informasi yang disampaikan ke mitra sudah pasti dan mereka tidak ragu untuk membawa tamu ke festival.

Delapan, untuk kegiatan launching di Jakarta akan disesuaikan dengan event pameran atau kegiatan lain di Jakarta, sehingga kegiatan launching Festival Kopi Lembah Colol bisa nebeng dalam kegiatan tersebut untuk menekan biaya promosi, publikasi dan pengaturan undangan.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut