get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Rusun Polres Mabar di Labuan Bajo Ditinjau Kapolda NTT

Lanal Labuan Bajo Gagalkan Penyeludupan BBM Jenis Minyak Tanah ke Sape, NTB

Rabu, 08 Maret 2023 | 21:15 WIB
header img
Anggota TNI AL Labuan Bajo saat mengamankan perahu yang bermuatan BBM jenis minyak tanah yang hendak kirim ke Sape, NTB, Rabu (8/3/2023). Foto:iNewsFlores.id/ Istimewa

Labuan Bajo, iNewsFlores.id -  Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) gagalkan penyeludupan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak tanah yang hendak dikirim ke Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (8/3/2023).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni mengatakan operasi tangkap tangan perahu yang bermuatan BBM jenis minyak tanah tersebut di Pulau Tatawa, Kecamatan Komodo, sekitar pukul 04:45 WITA.

"Pada Hari Rabu tanggal 08 sekitar pukul 04:45 WITA  telah dilaksanakan penangkapan 1 unit perahu GT.04 bermuatan BBM jenis (MT) minyak tanah sebanyak 2.260 liter yang dikemas didalam jerigen 20 Liter sebanyak 113 jerigen asal pulau Papagarang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar, NTT. Kapal tersebut menuju Pulau Sape, Bima, NTB tanpa dilengkapi dokumen perijinan," ungkap Letkol Laut (P) Roni dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsFlores.id, Rabu (8/3/2023).

Ia juga mengatakan BBM jenis minyak tanah dimuat dalam perahu mesin dobel jenis Yanmar 2 unit 24x2 : 48 PK, dan perahu tersebut tidak memiliki surat-surat.

Letkol Laut (P) Roni mengatakan modus operandi yang digunakan oleh terduga pelaku yaitu membeli BBM jenis minyak tanah subsidi dari Labuan Bajo untuk dibawa ke Pulau Papagarang dengan alasan pengunaan sehari-hari. Namun terduga pelaku selanjutnya menimbun BBM tersebut untuk kemudian dengan kapal dikirim ke Sape, Bima, NTB dikarenakan harga jual BBM minyak tanah yang tinggi.

"Modus operandi yang digunakan oleh pelaku yaitu membeli minyak tanah subsidi dari Labuan Bajo untuk dibawa ke Pulau Papagarang dengan alasan pengunaan sehari-hari. Namun BBM tersebut selanjutnya ditimbun untuk dikirim ke Sape, Bima, NTB dikarenakan harga jual BBM minyak tanah yang tinggi di Sape," ungkapnya.

Saat ini juga barang bukti dan terduga pelaku sudah diserahkan ke Polres Manggarai Barat.

Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat, AKP Ridwan membenarkan penyerahan barang bukti berupa BBM jenis minyak tanah tersebut.

"Iya sudah di kita, dan kita sudah terima BB nya," tulis AKP Ridwan saat dikonfirmasi oleh iNewsFlores.id melalui pesan WhastApp, Rabu (8/3/2023) malam.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut