get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

Limbah Oli yang Mencemari Sungai Wae Mese Diduga Berasal dari Aktivitas Tambang Galian C

Jum'at, 10 Maret 2023 | 18:42 WIB
header img
Sungai Wae Mese. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Limbah oli yang Mencemari Saluran air baku di sekitar Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese, Labuan Bajo diduga berasal dari aktivitas tambang galian C salah satu perusahaan yang sedang beroperasi di bantaran hulu Sungai Wae Mese yang berada di Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Direktur Utama Perusaha Daerah Air Minum (PDAM) Wae Mbeliling Aurelius Endo mengatakan sumber limbah Oli tersebut berasal dari aktivitas galian C yang berada di hulu Sungai Wae Mese.

"Kejadian ini baru terjadi, dan sebelumnya tidak ada. Makanya patut saya duga bahwa limbah Oli ini berasal dari aktivitas galian C itu," ungkap Aurelius kepada awak media di Kantor SPAM Wae Mese, Jumat (10/3/2023).

Ia juga menyebutkan limbah Oli tersebut diketahui oleh petugas PDAM Mbeliling sekitar pukul 17.00 wita dan melihat ada buih yang sangat pekat dan setelah diamati secara mendalam ternyata itu limbah Oli.

"Kemudian selaku pimpinan saya mengarahkan petugas yang sedang bekerja untuk amati terus sampai pukul 18.00 WITA karena saat itu semua aktivitas di SPAM Wae Mese ini kita Off sampai dengan pukul 22.00 WITA.

"Sebelum melakukan produksi, saya menyuruh salah seorang petugas untuk melakukan cek laboratorium sebelum melakukan produksi dan hasil dari pengujian tersebut menggambarkan bahwa air ini tidak bisa dilakukan fregmentasi karena kepekatan air yang terkontaminasi dari pencemaran itu sangat tinggi sekali," tambah Aurelius.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut