Logo Network
Network

Terbakarnya Atap Ijuk Panggung di Waterfront Labuan Bajo Karena Cuaca Ekstrem

Siprianus Robi
.
Jum'at, 05 Mei 2023 | 20:46 WIB
Terbakarnya Atap Ijuk Panggung di Waterfront Labuan Bajo Karena Cuaca Ekstrem
Kejadian Kebakaran Atap Panggung di Waterfront Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat NTT, (Kamis, 4/5/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Istimewa

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Kebakaran yang terjadi di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) disebabkan karena cuaca ekstrem. Dalam kebakaran ini, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil.

PIC EO Resvvara, Alexander mengatakan, materil yang terbakar dalam peristiwa ini adalah ijuk. Dan ijuk yang dipergunakan ini diperuntukan sebagai atap untuk panggung. Karena cuaca di Labuan Bajo sangat ekstrem, maka terjadilah kebakaran.

“Pekerja tidak ada yang terluka sama sekali dan tidak ada kerugian selain materi ijuk yang terbakar,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/5).

Dia mengungkapkan, para pekerja tidak ada yang merokok maupun menggunakan elektronik. Sebab, kerangka panggung sudah selesai dari sehari sebelumnya.

“Antisipasi-nya jika masih mau menggunakan ijuk, harus selalu dalam kondisi basah dan disiram,” terangnya.

Alex menjelaskan, proses percobaan pemasangan ijuk di area panggung sisi kanan dan sisi kiri dilakukan pada pukul 13.00 WITA. Ada enam orang yang melakukan pekerjaan setelah rangka selesai dirangkai, sehingga hanya tinggal pemasangan ijuk.

“Kemudian pukul 14.50 WITA, muncul asap dan api di sisi kiri karena sengatan matahari. Karena posisi tinggi dan ditambah angin laut menyebabkan api cepat menjalar,” bebernya.

Dalam pemadaman kebakaran, dia menerangkan, tidak membutuhkan bantuan pemadam kebakaran. Panitia hanya menggunakan empat unit APAR dan fasilitas lainnya.

“Pukul 15.10 - 15.20 WITA, keadaan sudah terkendali dan api sudah padam. clear up lokasi, tidak menjalar ke tempat lain maupun materi lain, rangka yang dipakai juga besi jadi aman struktur sudah dipastikan lagi,” tutup Alex.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini