get app
inews
Aa Read Next : Kemitraan ASEAN dengan China Menguat dalam Penanggulangan Kejahatan Non Tradisional

Pertemuan 15th BIMP-EAGA Summit Dorong Penguatan dengan Korea Selatan, Jepang, dan Australia

Jum'at, 12 Mei 2023 | 09:18 WIB
header img
Presiden Jokowi bertemu secara bilateral dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim (Foto: Ist)

LABUHAN BAJO,  iNewsFlores. id -Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan penting untuk Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) melakukan penguatan dan kolaborasi dengan negara – negara mitra seperti Korea Selatan, jepang, dan Australia.

Hal tersebut disampaikan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim saat pertemuan 15th BIMP-EAGA Summit di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Kamis 11/5/2023.

“Diperlukan penguatan institusi BIMP-EAGA untuk memperkuat kerja sama dan integrasi ke depan, melalui revitalisasi Chief Ministers, Governors, and Local Governments Forum (CMGLF), perluasan keanggotaan BIMP-EAGA Business Council (BEBC), pelembagaan BIMP-EAGA Facilitation Centre (BIMP-FC) sebagai sekretariat BIMP-EAGA,” ujar Perdana Menteri Malaysia.

Lebih lanjut, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menilai BIMP-EAGA merupakan building block ASEAN , yang berperan penting dalam mencapai agenda integrasi regional. Mekanisme kerja sama dengan pendekatan proyek dapat dijadikan studi kasus inisiatif-inisiatif ASEAN.

Pada pertemuan tersebut juga mengesahkan Joint Leaders’ Statement atau Pernyataan Bersama yang berisikan arahan Kepala Negara untuk mencapai BIMP-EAGA Vision 2025. BIMP-EAGA mendorong penguatan kolaborasi BIMP-EAGA dengan negara-negara mitra seperti Korea Selatan, Jepang, dan Australia, serta dengan ADB yang selama ini telah menjadi /strategic partner dalam mendukung kegiatan BIMP-EAGA.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut