get app
inews
Aa Read Next : Semua Wisatawan Asing dan Wisatawan Domestik Selamat atas Insiden Kapal Terbakar di Labuan Bajo

Fasum Bernilai Miliaran Rupiah Banyak yang Hilang di Labuan Bajo, PMBB Minta Polisi Tangkap Pelaku

Kamis, 10 Agustus 2023 | 17:29 WIB
header img
Ormas PMBB saat melakukan pengecekan fasilitas umum di beberapa titik di Kota Labuan Bajo. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores id - Fasilitas Umum (Fasum) banyak yang hilang, Organisasi Masyarakat (Ormas), Pemuda Manggarai Barat Bersatu (PMBB)  di Labuan Bajo meminta kepada pihak Kepolisian Polres Manggarai Barat, untuk menelusuri kasus pencurian fasilitas negara yang bernilai miliaran rupiah.

Fasilitas pada trotoar yang raib yang diduga dicuri tersebut terdiri dari, penutup saluran air di trotoar, guiding block atau ubin taktil yang merupakan jalur penuntun khusus bagi penyandang disabilitas tunanetra, serta besi penyaring kotoran pada drainase.

Pantauan PMBB pada, Rabu (9/8/23) malam didapati ada ratusan fasilitas di trotoar yang telah raip dicuri, mulai dari trotoar pada ruas jalan trans Flores (depan Polsek Lama), Jalan Pantai Pede, Jalan Mgr. Van Beakum dan jalan Gabriel Gampur.

Ketua PMBB, Obe Hormat mengatakan, perhartian Pemerintah Pusat Republik Indonesia, terhadap pengembangan kawasan Destinasi Super Perioritas Labuan Bajo, tidak seirama dengan kesadaran masyarakat, pemerintah daerah dan penegak hukum dalam menjaga fasilitas dan menjalankan fungsi kontrol.

"Kami malam ini mengecek di beberapa lokasi, dan ada ratusan fasilitas ini yang sudah hilang. Masayarakat Labuan Bajo tidak bisa merawat fasilitas yang sangat mahal ini, pemerintah dan penegak hukum juga belum maksimal menjalakan fungsi kontrol dan pengamanan", ujar Obe Hormat pada, Rabu (9/8/23) malam.

Obe Hormat menambahkan, pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya, dilatarbelakangi dari informasi sejumlah masyarakat yang menjadi korban akibat aksi pencurian fasilitas umum tersebut.

"Kami turun cek ini karena ada informasi dari masyarakat yang sudah jadi korban, karena saat berjalan di trotoar, mereka tersandung didalam lubang saluran air, ya karena tutupanya sudah hilang.", tambahnya.

Ia dan seluruh anggota PMBB berharap agar pihak Kepolisian Polres Manggarai Barat dapat menelusuri persoalan pencurian tersebut. Sehingga seluruh fasilitas negara yang telah dibangun dapat terawat dan difungsikan dengan sebaik-baiknya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut