get app
inews
Aa Read Next : Endus Upaya Busuk Mafia Tanah di Labuan Bajo, Yos Nggarang: Mereka Coba Lemahkan Fungsionaris Adat

PMBB Bersama TNI-Polri dan Pengusaha Lokal Adakan Kegiatan Bersih Pantai di Labuan Bajo

Senin, 24 Juni 2024 | 00:12 WIB
header img
Ormas PMBB bersama TNI-POLRI saat membersihkan Pantai Gorontalo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat NTT, Sabtu (22/6/2024). Foto: iNewsFlores.id/Siprinus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Organisasi masyarakat Pemuda Manggarai Barat Bersatu (PMBB) bersama TNI-Polri dan didukung oleh pengusaha lokal melakukan kegiatan bersih pantai di Labuan Bajo, desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan yang bertajuk "Aksi Nyata Peduli Lingkungan" itu juga melibatkan juga melibatkan staf dari Hotel Sudamala Resort Komodo dan Atlantic.

Ketua Ormas PMBB Obe Hormat mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kerja nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan yang berada di Labuan Bajo.

"Kegiatan ini berangkat dari rasa cinta terhadap Labuan Bajo dan kegiatan ini juga PMBB merangkul dalam hal ini ada Dansat Brimob dan Anggotanya, Satpolairud Labuan Bajo, dan teman-teman dari Angkatan Udara dan juga dari Angkatan Laut kita didukung penuh, dan kegiatan ini juga disuport oleh salah satu pengusaha lokal dan pemerintah daerah kabupaten Manggarai Barat," ungkap Obe Hormat saat ditemui awak media di Labuan Bajo, Sabtu (22/6/2024).

Obe Hormat menyebut Luxury Labuan Bajo kalau tidak jaga kebersihan lingkungan dengan baik maka 10 atau 20 tahun kedepan daerah itu tidak akan dikunjungi oleh wisatawan.

"Luxury Labuan Bajo kalau kita hanya sekadar mau jual dan kita tidak menjaga saya yakin ini tidak sampai 10 atau 20 tahun daerah ini tidak akan dikunjungi lagi sama orang-orang dari luar. Nah oleh sebab itu PMBB akan terus berkarya dan terus memotivasi masyarakat untuk mari kita menjaga daerah ini secara bersama-sama supaya Labuan Bajo ini akan menjadi destinasi sepanjang masa untuk anak dan cucu kita," ucapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Labuan Bajo agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan baik .

"Pantai Gorontalo ini kalau dikelola dengan baik pasti ini sangat indah, apalagi kalau saat menunggu sunset itu sangat bagus sekali, jadi himbauan saya selaku ketua Ormas PMBB bahwa semua pengunjung yang datang disini harus tetap menjaga kebersihan karena hari ini kita telah membersihkan tempat ini," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

"Tolonglah untuk sadar diri untuk membuang sampah itu pada tempatnya karena saat ini di Sudamala sudah menyiapkan tempat sampah dan mungkin nanti kedepannya kita akan menyiapkan tempat sampah ditempat ini," ucapnya.

Kata dia, sampah yang dikumpulkan di pantai Gorontalo Labuan Bajo itu telah dibuang ke TPA Warloka sedang total sampah yang dipungut dalam kegiatan itu juga menyebutkan sampah yang dikumpulkan ditempat tersebut sangat banyak.


"Untuk pembuangan sampah kita telah berkoordinasi dengan pemda Mabar  dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, mereka tadi mengirimkan mobil pengangkut sampah untuk dibuang ke TPA dan tadi kami mengumpulkan begitu banyak sampah dari tempat ini," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kasat Polairud Polres Manggarai Barat AKP I Wayan Merta mengatakan kegiatan kebersihan lingkungan tentunya Polres Manggarai Barat sangat mendukung. 

Menurut I Wayan Merta dalam menjaga kebersihan lingkungan tidak bisa kita lakukan sendiri, perlu adanya pemahaman dari masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.


"Prinsipnya kita melaksanakan kebersihan hari ini tidak bisa kita melakukan sendiri dan kita harap semua masyarakat jangan membuang sampah sembarangan," ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Denpos TNI AU Labuan Bajo Letda Lek Rully Hilimi. Ia mengatakan dalam menjaga kebersihan tentunya kesadaran masyarakat sangat diperlukan agar wisatawan yang datang ke Labuan Bajo merasa nyaman.

"Kami dari Pos TNI AU Labuan Bajo Lanjut Eltari sangat support mendukung sepenuhnya kegiatan dari Ormas PMBB semoga kedepannya semakin berkembang dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan lebih khusus dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sehingga wisatawan yang datang disini akan merasa nyaman," ungkapnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut