Logo Network
Network

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Mabar Razia Sejumlah THM di Labuan Bajo

Siprianus Robi
.
Minggu, 17 Desember 2023 | 20:58 WIB
Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Mabar Razia Sejumlah THM di Labuan Bajo
Personil Polres Manggarai Barat saat melakukan razia di salah satu tempat hiburan malam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (16/12/2023) Foto: iNewsFlores.id/ Humas Polres Mabar.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Personil Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat merazia sejumlah lokasi hiburan malam yang rawan terjadi tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT pada Sabtu (16/12/2023) malam.

Kasat Resnarkoba, IPTU Matheos A. D. Siok mengatakan  tujuan dilakukannya operasi tersebut adalah untuk memastikan bahwa pengunjung dan karyawan yang berada di tempat hiburan malam bersih dari penggunaan narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya atau disingkat narkoba.

"Tim yang diturunkan pada operasi ini adalah sejumlah 20 personil dengan menyasar beberapa tempat hiburan malam di Kota Labuan Bajo. Razia ini dilakukan guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lokasi tersebut," ungkapnya.

Kata dia, ada dua tempat hiburan malam yang didatangi petugas kepolisian di Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo. Ia juga mengatakan petugas melakukan penggeledahan dan pemeriksaan urine kepada setiap pengunjung yang datang dan berada di lokasi tersebut.

"Saat berada di tempat hiburan, tim yang bertugas segera melakukan penggeledahan dan pemeriksaan urine kepada setiap pengunjung dan pemandu karaoke yang berada di tempat," jelasnya.

Ia juga menyebut tempat hiburan malam yang dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan, petugas tidak menemukan barang bukti narkotika serta tidak ditemukan adanya pengunjung yang positif mengonsumsi narkoba.

"Pengecekan berjalan dengan aman, ada 45 orang yang dicek urin dan tidak ditemukan pengunjung maupun pemandu karaoke yang positif menggunakan barang haram tersebut," ungkap Mantan Kapolsek Komodo itu.

Dalam kesempatan itu, kepolisian juga memberikan imbauan tentang bahaya narkoba dan menjaga kamtibmas kepada pengunjung maupun pemandu karaoke di tempat hiburan malam tersebut.

"Melalui razia ini, kami juga mengimbau dampak penyalahgunaan narkotika ini tidak hanya menyasar diri sendiri melainkan, pihak keluarga juga ikut menanggung malu, apabila telah diproses hukum. Selain itu, kami juga mengajak untuk bersama-sama menjaga kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru serta pesta demokrasi 2024 mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut, Kasat Resnarkoba juga mengatakan razia di tempat hiburan malam ini akan diterapkan secara intensif. Dengan kata lain, razia narkoba tidak hanya dilakukan pada Sabtu malam saja, tapi juga di hari-hari berikutnya untuk mewujudkan Kota Labuan Bajo yang bebas dari peredaran narkoba.

"Kedepannya kita akan terus lakukan razia untuk mewujudkan ruang publik yang aman dan nyaman sehingga semua orang bisa menikmati setiap hiburan dengan riang gembira tanpa narkoba," ucapnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.