WNA Rusia yang Hilang Masih Belum Ditemukan

Edy Irawan
Tim SAR Gabungan saat mencari WNA asal Rusia yang hilang saat mendaki Gunung Rinjani. Foto: iNewsFlores.id/Ist

Bima iNewsFlores.id - Seorang Warga Negera Asing (WNA) asal Rusia, Mordovina Alexandra (44) yang hilang saat mendaki Gunung Rinjani, hingga hari ke sembilan pencarian belum ditemukan.

Pencarian oleh Tim SAR gabungan bersama BTNGR, TNI, Polri, porter, rekan korban, dan pihak terkait lainnya, dimulai sejak Jumat (13/9/2024) lalu.

Menurut Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi mengatakan, WNA Rusia bernama Mordovina Alexandra (44) ini sudah tidak berada di penginapannya di Senaru Lombok Utara sejak 30 Agustus 2024.

"Hari pertama pencarian kami lakukan penyisiran jalur Senaru menggunakan drone thermal, lalu sekitaran Puncak Sangkareang dan Lembah Santong," kata Wahyu, Sabtu (21/9/2024).

Operasi pencarian terhadap Mordovina Alexandra, lanjutnya, diperpanjang setelah ada permintaan dari Kedubes Rusia. Tim SAR gabungan pun kembali terjun maksimal, setelah melakukan rapat evaluasi bersama seluruh Satuan Kerja (Satker).

"Berdasarkan SOP, kami telah melakukan pencarian selama 7 hari dengan hasil nihil. Lalu ada permintaan perpanjangan pencarian dari Kedubes Rusia. Hari ini merupakan hari kedua percarian setelah perpanjangan," jelasnya.

Saat ini, seluruh Tim telah mengarah pencariannya baik secara manual maupun menggunakan drone menuju Pos 3 Gunung Rinjani, dengan titik fokus di jalur Perawangan dan gunung Sangkareang.

"Pencarian kali ini berdasarkan sejumlah titik koordinat yang telah ditentukan dari hasil rapat evaluasi yang kami lakukan," terangnya.

Sementara itu, jika hari ini pencarian masih nihil, maka pada Minggu (22/9/2024), Tim SAR Gabungan akan kembali menyisir ulang di jalur Pelawangan yang ke Batulante.

"Nah, besok kita akan sisir di jalur sekitaran Batulante dan Cemara 5. Karena  hal ini prediksi dari Tim, salah satu jalur yang diambil oleh WNA tersebut," tutupnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network