Promosikan Desa Wisata, Disparekrafbud Manggarai Barat Latih Warga

Yoseph Mario Antognoni
Chrispianus  Mesima, Sekertaris Disparekrafbud menjelaskan kepada warga terkait pemasaran desa wisata. Foto: iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan (Disparekrafbud) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) melatih warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wae Lolos, Kecamatan Sanonggoang mempromosikan Desa Wisata, pada Sabtu 14 Desember 2024, di Balai Desa Wae Lolos. 

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program Fasilitasi Masyarakat Desa Wisata (Fasmadewi) yang dicanangkan oleh Disparekrafbud Manggarai Barat selama sepuluh bulan di dua desa wisata, Wae Lolos dan Desa Siru sejak Maret 2024 lalu. 

Chrispianus  Mesima, Sekertaris Disparekrafbud mengatakan pemasaran desa wisata mencakup proses yang lebih luas yang bertujuan untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pengunjung. Pemasaran desa wisata juga melibatkan analisis produk, segmentasi pasar, penentuan harga, distribusi, dan strategi komunikasi. 

"Rumah besarnya adalah pemasaran, isinya ada promosi yang menciptakan minat dan kesadaran kemudian mendorong orang untuk datang" jelas Chrispianus, " jelas Chrispianus dalam materi Promosi Desa Wisata, Sabtu 14 Desember 2024.

Chrispianus menegaskan strategi komunikasi menjadi instrumen penting bagaimana menginformasikan desa wisata ke publik. Mengkomunikasikan desa wisata tidak hanya mengandung informasi tapi menyentuh emosi publik. Selain itu, informasi desa wisata harus mengandung pesan yang efektif  untuk mempengaruhi perhatian publik. 

"Promosi pariwisata yang efektif membutuhkan penggunaan diksi yang menarik, menggugah emosi, dan mampu memvisualkan pengalaman yang ditawarkan. Deskripsi destinasi harus imajinatif untuk menciptakan gambaran yang memikat yang mampu menciptakan memori jangka panjang " kata Chrispianus. 

Sementara, Roseven Rudiyanto,  Dosen Politeknik Elbajo Commodus, Labuan Bajo menilai Desa Wisata Wae Lolos telah memulai mengunakan media sosial sebagai platform promosi. Namun,  perlu dimaksimalkan dengan konten-konten yang menarik pengunjung. 

"Desa Wisata Wae Lolos mulai dikenal publik karena mengunakan media sosial. Ini yang buat Desa Wae Lolos lebih banyak pengunjung ketimbang desa lainnya. Namun perlu konsistensi dan memaksimalkan konten yang lebih efektif, " jelasnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network