Logo Network
Network

Jawab Kerinduan Masyarakat, SMKN 1 Reok Barat Akhirnya Resmi Berizin

Ronald Tarsan
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:28 WIB
Jawab Kerinduan Masyarakat,  SMKN 1 Reok Barat Akhirnya Resmi Berizin
Anggota DPRD Provinsi NTT Dapil lV, Inosensius Fredy didampingi Koordinator Pengawas Dikmen Kabupaten Manggarai, Fransiskus B. Hormat saat menyerahkan SK izin operasional kepada Inisiator Pembagunan SMKN 1 Reok. Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pendidikan NTT resmi menerbitkan SK (Surat Keputusan) izin operasional SMKN 1 Reok Barat yang terletak di Kajong, Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, NTT.

Lembaga pendidikan vokasi itu resmi mendapat legalitas usai mendapat SK yang diserahkan secara langsung Anggota DPRD Provinsi NTT Dapil lV, Inosensius Fredy didampingi Koordinator Pengawas Dikmen Kabupaten Manggarai, Fransiskus B. Hormat kepada Inisiator Pembagunan SMKN 1 Reok Barat, RD. Bernadus Paulus, Pr untuk selanjutnya diserahkan kepada Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 Reok Barat di Aula Paroki St. Immaculata Wae Kajong Kamis (18/08/22).  

Anggota DPRD NTT, Fredy Mui mengatakan SMKN 1 Reok Barat saat ini sudah resmi menjadi satuan pendidikan yang ada di wilayah administrasi Kecamatan Reok Barat. Ia juga meminta kepada Plt. SMKN 1 Reok agar melengkapi semua persyaratan terutama terkait status tanah sehingga bisa mendapatkan dana DAK (Dana Alokasi Khusus) dari pemerintah pusat untuk pembangun gedung permanen.

Pengawas Dikmen Kabupaten Manggarai, Fransiskus B. Hormat mengatakan, penyerahan SK izin operasional juga merupakan bukti sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dan bisa menjawab keraguan masyarakat selama ini terkait status kelembagaan SMKN 1 Reok.

"Maka dari itu, hari ini secara resmi kami membawa Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 Reok Barat dan SK untuk menjawab isu yang sempat diberitakan media massa beberapa waktu lalu," pungkas dia.

Ia menjelaskan, kehadiran lembaga pendidikan vokasi tersebut bertujuan untuk memenuhi kerinduan masyarakat di wilayah Reok Barat. Ia juga meminta masyarakat setempat agar tidak perlu terpengaruh dengan isu-isu liar dari luar.

Sementara itu, Plt Kepala Sekolah SMKN 1 Reok Barat, Silvester Jemali mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah Provinsi NTT untuk memimpin SMKN 1 Reok Barat. Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena telah membantu mendirikan sekolah vokasi tersebut.

"Secara pribadi dan secara lembaga SMKN 1 Reok Barat menyampaikan terima kasih atas semua kerja keras membangun sekolah ini terutama kepada Romo Bernad sebagai inisiator pendirian SMKN 1 Reok Barat dan panitia pendirian SMKN 1 Reok Barat ini," ujarnya.

Ia pun berkomitmen untuk berkerja keras menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam mengembangkan SMKN 1 Reok Barat. Dia juga berharap dukungan dari semua pihak demi kemajuan SMKN 1 Reok Barat pada masa mendatang.

Sementara itu, Inisiator Pendirian SMKN 1 Reok Barat, RD. Bernadus Paulus, Pr memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan Provinsi NTT yang telah menerbitkan SK izin operasional pendirian SMKN 1 Reok Barat. 

"Saya yakin dan percaya bahwa SMKN 1 Reok Barat akan berkembang yang bagus nanti apalagi jalur pantai utara jalur yang strategis yang juga menjadi fokus perhatian pemerintah," ujarnya. 

RD.Bernad pun berharap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan emas ini agar mengirimkan anak-anaknya untuk melanjutkan studi ke lembaga pendidikan SMKN 1 Reok Barat.

Dari pantauan wartawan, turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, Camat Reok Barat Tarsisius R.Asong; Kepala Desa Kajong, Amatus Semaun; Kepala Sekolah SMK Swakarsa, Kepala Sekolah SMK Sadar Wisata, Kepala Sekolah UIT, Kepala Sekolah SMK Karya, Kepala Sekolah SMKN Wae Ri'i, Plh Kepala Sekolah SMKN Restorasi Timung Wae Ri'i, Kepala Sekolah SMKN 1 Satar Mese, Kepala Sekolah SMK Mutiara Bangsa, para Guru SMKN 1 Reok Barat, para orang tua siswa, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan insan pers.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.