get app
inews
Aa
Read Next : Kisah Pilu Pasutri di Manggarai Timur Rawat Anak Cacat di Gubuk Reyot

Ketua Bawaslu Matim Lantik 36 Panwascam

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 19:08 WIB
header img
Suasana saat 36 orang anggota Panwascam dilantik oleh Bawaslu Manggarai Timur. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Sejumlah 36 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), dituntut menjaga integritas, profesionalitas, solidaritas sebagai pengawas dan penyelenggara proses demokrasi Pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal ini dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Zakarias Gara saat acara pelantikan Panwascam di hotel Primadona, Kecamatan Borong pada Jumat (28/10/2022).

Zakarias mengatakan, 36 anggota Panwascam merupakan peserta yang lolos dari 12 wilayah kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur.  


Sambung Zakarias, pelantikan ini juga bertepatan dengan momentum sumpah pemuda untuk itu spirit kepemudaan harus terus menggema di wilayah kerja tugas masing-masing sebagai pengawas pemilu. 

"Jalankan tugas sesuai prosedur, wewenang dan kewajiban selama proses pemilu berlangsung," jelas Zakarias.

Menurut Zakarias tugas pertama yang dilakukan teman-teman panwascam saat ini yaitu bersama-sama KPU untuk melakukan pengawasan proses verifikasi faktual terhadap partai-partai yang akan ikut dalam pemilu tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut juga Zakarias Gara secara resmi membuka kegiatan pembekalan Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Manggarai Timur untuk pemilu 2024.

Terpisah, mewakili Bupati Manggarai Timur Flavianus Gon selaku Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Timur menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Matim lantaran tidak hadir. 

Namun menurutnya Bupati Matim tetap memberikan profosiat kepada 36 orang panwascam.

Flavianus juga memuji Ketua Bawaslu Manggarai Timur yang memilih pelantikan 36 orang Panwascam bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda.

"Saya melihat kebanyakan Panwascam didominasi oleh orang-orang mudah yang energik, punya semangat, punya pengetahuan luas dalam menjalankan tugas ini. Teman-teman yang dilantik ini karena punya pengetahuan punya keterampilan untuk mengawal demokrasi pemilu 2024," pungkasnya

Untuk itu Flavianus berharap kepada 36 Panwascam harus benar-benar menjalankan tugas sesuai tupoksi dan berdasarkan pakta integritas, maupun undang-undang yang berlaku. 

"Mohon kerjasama yang baik, prinsipnya jadikan pemilu 2024 yang bersih, adil, aman, tentram," pesan Flavianus.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut