get app
inews
Aa Read Next : PPK 3.4 Jalan Nasional Ngada Manggarai Bentuk Tim Pemantau Jalan

Bawaslu Manggarai Gelar Apel Siaga Kampanye Pemilu 2024

Sabtu, 02 Desember 2023 | 00:55 WIB
header img
Bawaslu Manggarai saat pose bersama usai gelar apel siaga kampanye pemilu tahun 2024, didepan kantor DPRD Kabupaten Manggarai. Foto: iNewsFlores.id/Izno

Ruteng, iNewsFlores.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai menggelar apel siaga kampanye Pemilu di halaman kantor DPRD Kabupaten Manggarai, (Kamis 30/11/2023).

Ketua Bawaslu Manggarai, Fortunatus Hamsah Manah dalam sambutannya menyampaikan pesan kesiapsiagaan dalam menghadapi proses kampanye Pemilihan Umum 2024.

"Kita telah dan akan terus berjuang bersama untuk mewujudkan Pemilu yang bersih, adil, dan demokratis. Namun, tantangan tidak pernah berhenti, dan tugas kita semakin berat mengingat dinamika masyarakat dan teknologi yang terus berkembang", kata Alfan saat dihubungi wartawan Jumat (01/12/2023).

Manah mengatakan, Pemilu 2024 merupakan tonggak penting dalam perjalanan demokrasi, oleh karena itu, sebagai Bawaslu, berkomitmen untuk menjaga integritas, independensi, profesionalitas dan transparansi dalam setiap tahapan Pemilu.

Manah juga menegaskan beberapa point penting terkait kampanye Pemilu 2024.

Pertama, Mengajak seluruh peserta pemilu, baik partai politik, calon legislatif, maupun calon presiden, untuk mengedepankan etika dan semangat sportivitas dalam berkampanye. 

Kedua, Hindari kampanye negatif yang dapat memicu konflik dan perpecahan dalam masyarakat. Mari bersaing dengan ide dan program yang membangun, demi kepentingan bersama sebagai suatu Negara Bangsa.

Ketiga, Teknologi informasi memiliki peran yang sangat signifikan dalam kampanye modern. Namun, kami mengingatkan semua pihak untuk menggunakan teknologi ini secara bijaksana. Hindari penyebaran informasi palsu atau hoaks yang dapat merusak citra calon dan merugikan proses demokrasi. Kami mengajak masyarakat untuk selalu melakukan verifikasi sebelum mempercayai dan menyebarkan informasi.

Keempat, Partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu sangatlah penting. Tugas pengawasan Pemilu bukan hanya tugas kami Bawaslu, tetapi juga tugas dan tanggung jawab bersama seluruh komponen baik pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu maupun seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga agar pemilu berlangsung dengan jujur dan adil. Laporkan setiap pelanggaran yang Anda saksikan agar dapat segera ditindaklanjuti.

Manah menegaskan bahwa Bawaslu siap bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses Pemilu. 

"Mari bersama-sama menciptakan pesta demokrasi yang damai dan bermartabat wujudkan pemilu yang berkualitas, menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi bangsa dan daerah ini", tutupnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut