get app
inews
Aa
Read Next : Kisah Mantan PNS Kemenkeu Dulu Jualan Pulsa, Kini Sukses Kelola Local Collection Hotel Labuhan Bajo

Mencabut Gigi Susu pada Anak, Kapan Waktu yang Tepat

Kamis, 01 Juni 2023 | 16:09 WIB
header img
Gigi susu pada anak memiliki berbagai fungsi penting, termasuk membentuk wajah, membantu anak berbicara dengan jelas, tersenyum, dan mengunyah makanan dengan baik. (Foto: Smilepoint)

LABUHAN BAJO, iNewsFlores.id - Gigi susu pada anak memiliki berbagai fungsi penting, termasuk membentuk wajah, membantu anak berbicara dengan jelas, tersenyum, dan mengunyah makanan dengan baik.

Gigi susu anak merupakan penjaga ruang untuk gigi permanen yang akan tumbuh saat dewasa. Namun, jika gigi susu anak tidak tanggal pada waktunya dan dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Dr. Ridwanto Congga dari Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, dalam acara Health Talk live di Instagram pada Selasa (30/05) di Labuan Bajo, menjelaskan bahwa gigi susu berperan dalam memberikan ruang yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi permanen yang baik.

"Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mencabut gigi susu? Pertama, kita harus mengetahui kapan gigi permanen akan tumbuh," kata drg. Ridwanto.

Umumnya, usia 6-7 tahun adalah waktu normal bagi pertumbuhan gigi susu. Oleh karena itu, saat anak berusia 6-7 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mencabut gigi susu, karena itu akan sesuai dengan pertumbuhan rahang anak.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut