Logo Network
Network

Kisah Mantan PNS Kemenkeu Dulu Jualan Pulsa, Kini Sukses Kelola Local Collection Hotel Labuhan Bajo

Vitrianda Hilba Siregar
.
Minggu, 10 Desember 2023 | 13:17 WIB
Kisah Mantan PNS Kemenkeu Dulu Jualan Pulsa, Kini Sukses Kelola Local Collection Hotel Labuhan Bajo
Siapa mengira sosok Dr Ngadiman Sudiaman berhasil mengembangkan ekosistem pariwisata lokal ini ternyata mantan PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Foto: IST

SIAPA mengira sosok yang berhasil mengembangkan ekosistem pariwisata lokal ini ternyata mantan PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Merasa sudah cukup mengabdi di Kemenkeu selama dua dasawarsa, Dr. Ngadiman Sudiaman pun pamit undur diri.

Ngadiman Sudiaman lalu mengembangkan ekosistem pariwisata lokal bagi kesejahteraan warga setempat. Dia lalu memilih Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur sebagai lokasi destinasi pariwisata dan di Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, sebuah wilayah destinasi pariwisata di mana ia mendirikan dan mengembangkan Local Collection Hotel.

Usaha yang dikembangkannya saat ini terbilang sukses. Bukan hanya berhasil di bidang pariwisata hotel, Ngadiman juga berhasil di bidang tour and travel, kapal wisata dan restoran, serta tempat hiburan.

Namun keberhasilan Ngadiman bukanlah perjuangan instan namun dirintis dari bawah.Bahkan sebelum menjadi PNS Kemenkeu, Ngadiman sempat merasakan bagaimana menjadi penjual voucher pulsa hingga terus berkembang menjadi jual-beli mobil dan properti, termasuk sebagai teknokrat dan Chairman di PT. Pembangunan Jaya Ancol.

Namun di balik keberhasilan itu, Ngadiman punya prinsip tidak boleh kaya sendiri tanpa memikirkan lingkungan usaha sekitar. Nah setelah terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) periode 2020-2025, Ngadiman pun mulai merealisasika bagaimana masyarakat lokal juga ikut terbantu kesejahteraan mereka.

Labuhan Bajo menjadi lokasi pilihannya untuk membangun Local Collection Hotel pada 2019. Ngadiman berprinsip dalam usahanya itu harus merekrut orang-orang lokal.

Maka mulailah saya merekrut SDM hingga material lokal saat ia membangun Local Collection Hotel di Labuan Bajo, pada 2019 silam. Bukan itu saja juga termasuk menyiapkan menu lokal.  Saya semua ini susah payah karena bersamaan dengan Covid-19," ujar dia dalam suatu kesempatan. 

Follow Berita iNews Flores di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini