get app
inews
Aa Read Next : Bupati Mabar Lepas Tiga Siswa Atlantis International College Labuan Bajo Berkarir ke Luar Negeri

Kolaborasi Masyarakat Lokal Sukseskan IFG Labuan Bajo Marathon 2023

Selasa, 24 Oktober 2023 | 18:40 WIB
header img
Sejumlah warga Labuan Bajo antusias mengikuti kegiatan yang dilakukan menjelang IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada 4 November mendatang. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Indonesia Financial Group (IFG) bersiap untuk menggelar IFG Labuan Bajo Marathon 2023 (IFG LBM 2023) pada tanggal 4 November 2023. Pada kegiatan tersebut, IFG akan melibatkan lebih dari 500 masyarakat dari berbagai daerah di sekitar Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Hal ini sekaligus  menjadi bukti nyata antusiasme dan sambutan yang positif masyarakat Labuan Bajo terhadap kegiatan ini.

Corporate Secretary IFG sekaligus Ketua IFG LBM 2023, Oktarina Dwidya Sistha menyampaikan bahwa penyelenggaraan event IFG LBM 2023 akan melibatkan partisipasi dan dukungan dari warga lokal yang berasal dari berbagai daerah di Labuan Bajo, Manggarai Barat. 

Dari kegiatan ini, Sistha berharap awareness warga lokal terkait kegiatan seperti IFG LBM 2023 ini harus terus dijaga. ”Dengan adanya partisipasi masyarakat lokal, kami berharap IFG LBM 2023 berdampak positif pada tumbuhnya rasa memiliki (sense of belonging) masyarakat terhadap event ini khususnya anak-anak muda Labuan Bajo,” ujarnya.

Menurut Sistha, IFG LBM 2023 akan menyuguhkan pengalaman lari dengan rute yang sangat menantang dengan pemandangan yang indah dan memukau. Event ini juga menyediakan hadiah menarik bagi para pelari, dengan total hadiah mencapai Rp500 juta dan bonus tambahan sebesar Rp 10 juta bagi peserta yang berhasil memecahkan rekor waktu IFG LBM 2022.

”IFG LBM 2023 dapat menjadi ajang pembuktian kemampuan diri bagi para pelari baik pelari pemula maupun pelari profesional,” tambah Sistha.

Antusiasme para pelari pada ajang IFG LBM 2023 ini terlihat dari jumlah pelari yang sudah mendaftar.  Hingga saat ini telah terdaftar lebih dari 1.000 peserta, baik yang mendaftar secara online maupun offline. IFG LBM 2023 juga akan diikuti oleh sejumlah pelari dari mancanegara, antara lain berasal dari Jepang, Australia, Italia, Ethiopia, Singapura, dan Kenya.

”Partisipasi pelari mancanegara membuktikan bahwa IFG LBM 2023 mendapatkan respons yang sangat positif dan membanggakan karena mendapatkan perhatian dari pelari baik secara nasional maupun dari mancanegara, ” tutur Sistha. 

Sementara itu, seperti informasi yang telah disampaikan sebelumnya, gelaran IFG LBM 2023 akan melakukan start dan finish di kawasan Waterfront City Labuan Bajo, dengan estimasi partisipasi sekitar 1.500 pelari. Para pelari akan mengikuti jarak lari sesuai daftar yang diikuti, yaitu Marathon, Half Marathon, 10 Km, dan 5 Km. Rute marathon IFG LBM 2023 akan melalui rute antara lain Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Pantai Pede, arah Golomori, dan melewati berbagai titik-titik yang menarik sepanjang rute. 

Pelatihan Kesiapan Petugas Lapangan IFG LBM

Pada 21 Oktober 2023 lalu, bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, IFG LBM 2023 bekerjasama Pangkalan TNI AL Labuan Bajo, Letda Laut (K) dr. Stevano Mengko memberikan pelatihan kepada warga lokal yang akan bertugas pada acara tersebut.

Letda Laut (K) dr. Stevano Mengko, selaku Paur Polum BP Lanal Labuan Bajo, menekankan bahwa melalui pelatihan ini, tim petugas pelaksana IFG LBM 2023 akan siap menghadapi segala situasi dengan sigap dan profesional. Keselamatan dan kenyamanan peserta menjadi prioritas utama, dan mereka siap memberikan bantuan medis yang diperlukan selama acara berlangsung. ”Kegiatan ini kami lakukan untuk memastikan IFG LBM 2023 berjalan dengan baik, lancar dan aman bagi semua peserta,” pungkasnya.

Adapun masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini antara lain berasal dari Warna di Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya, termasuk desa-desa seperti Golomori, Mancangtangga, Gorontalo, dan Ruteng, juga turut serta dalam pelatihan ini.

Masyarakat lokal yang berasal dari beberapa komunitas akan berpartisipasi pada beberapa fungsi dan tugas, antara lain Start/Finish, Marshal, Traffic Controller, Water Station, Refreshment, VIP Handling, Penitipan Barang, Operasional, Race Pack Collection Crew, dan Transportasi. Partisipasi ini mencerminkan semangat kolaborasi dan sense of belonging yang mulai tumbuh kuat dari masyarakat Labuan Bajo untuk terlibat dalam IFG LBM 2023.

Tentang Indonesia Financial Group (IFG) 

Indonesia Financial Group (IFG) adalah Holding BUMN Asuransi, Penjaminan dan Investasi. IFG merupakan holding yang dibentuk pemerintah untuk berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan non bank yang lengkap dan inovatif melalui layanan asuransi, penjaminan dan investasi. IFG berkomitmen menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya asuransi, penjaminan dan investasi yang akuntabel, prudent dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas.
Informasi lebih lengkap dapat diperoleh di Website: www.ifg.id I Linkedin: Indonesia Financial Group (IFG) I Instagram: @indonesiafinancialgroup I Twitter: @IFG_ID I
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Sdr. Bagus Hadyan. Email: bagushadyantaufiq@gmail.com

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut