get app
inews
Aa Read Next : Manajemen PT Flobamor Tetap Berupaya Menyediakan Sarpras di Taman Nasional Komodo

Sumbangsih PT Florbamor Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Lokal di TNK

Sabtu, 02 Desember 2023 | 13:24 WIB
header img
PT Florbamor bersama Balai TNK saat melakukan pelatihan Naturalisasi Guide di Kawasan Taman Nasional Komodo. Foto: iNewsFlores.id/ Istimewa.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Sebagai bentuk sumbangsih terhadap pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) PT Flobamor telah mempekerjakan naturalisasi guide yang berasal dari pulau komodo.

Keterlibatan masyarakat lokal pulau komodo sebagai naturalisasi guide untuk meningkatkan pelayanan di kawasan Taman Nasional Komodo.

"Kami mempekerjakan hampir semua Naturalisasi Guide kami berasal dari desa Komodo," ungkapnya Direktur Operasional PT Flobamor Abner Esau Runpah Ataupah kepada awak media di Labuan Bajo, Sabtu (2/12/2023).

Ia juga menyebut dalam hal peningkatan pelayanan PT Flobamor telah melakukan pelatihan rutin bagi Naturalisasi Guide.

"Melakukan pelatihan rutin bagi Naturalisasi Guide kami dalam hal peningkatan pelayanan," ungkapnya.

Abner menjelaskan komitmen PT Flobamor dalam pemberdayaan masyarakat lokal itu tertuang melalui kerja nyata dengan mempekerjakan dan  memberikan pelatihan Naturalis Guide bagi masyarakat Pulau komodo pada tahun 2022 lalu.

"Komitmen itu tertuang melalui kerja nyata dengan memberikan pelatihan Naturalis Guide bagi masyarakat Pulau komodo, yang berlangsung di Pulau Padar Utara, Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT pada tahun 2022 lalu," ucapnya.

Kata dia, pelatihan pada saat itu melibatkan masyarakat asli dari Pulau komodo berjumlah puluhan orang, yang dilatih tenaga profesional baik dari pihak BTNK maupun dari Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) merupakan bagian dari TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).

"Pelatihan itu merupakan wujud nyata kolaborasi kementerian KLHK dengan Pemerintah Propinsi NTT. Bahwa Taman Nasional Komodo adalah Kawasan yang harus di jaga bersama," ucapnya.

Abner mengatakan para mentor yang dihadirkan oleh PT Florbamor dari TWNC bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu-tamu atau wisatawan. 

Saat itu dihadapan peserta pelatihan, Abner berharap agar dapat berlatih secara baik dan sungguh.

"Waktu pelatihan itu saya sampaikan kepada mereka bahwa Ini adalah Rumah kalian, tempat kalian, tanah kelahirannya kalian, warisan nenek moyang kalian, karena itu ikuti dengan baik sehingga outputnya nanti kalian bisa jalankan," pungkasnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut