Logo Network
Network

Tokoh Muda NTT Apresiasi Keputusan Golkar Tugaskan Melki Laka Lena Tarung di Pilgub NTT

Siprianus Robi
.
Senin, 15 April 2024 | 21:33 WIB
Tokoh Muda NTT Apresiasi Keputusan Golkar Tugaskan Melki Laka Lena Tarung di Pilgub NTT
Ketua DPD I Partai GolkarNTT, Emanuel Melkiades Lakalena (tengah) saat berjumpa awak media di Labuan Bajo, (13/1/2024). Foto: iNewsFlores.id/Yoseph Mario Antognoni

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Tokoh muda NTT, Yosef Sampurna Nggarang memberikan apresiasi langkah DPP Partai Golkar yang secara resmi menugaskan Emanuel Melkiades Laka Lena, untuk bertarung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT, 27 November 2024 mendatang.

Penugasan ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT untuk menjadi bakal calon gubernur ini, dinilai banyak kalangan, sudah tepat.

Maklum, Melki Laka Lena sudah cukup matang berproses di internal Partai Golkar. Ia juga dipandang memiliki pengalaman mumpuni, setelah dipercaya menjadi wakil ketua Komisi IX DPR RI periode 2019-2024.

“Tentu kita mengapresiasi DPP Partai Golkar yang menugaskan Bung Melki untuk bertarung pada Pilgub NTT 2024,” kata salah satu tokoh muda NTT asal Manggarai, Yos Nggarang, kepada wartawan di Jakarta, Senin 15 April 2024.

“Keputusan DPP Partai Golkar ini sudah tepat, mengingat Bung Melki merupakan salah satu putra terbaik NTT,” imbuh aktivis pergerakan bernama lengkap Yosef Sampurna Nggarang ini.

Menurut dia, Melki Laka Lena selama ini sudah mengabdi untuk NTT melalui lembaga legislatif di Senayan.

Dengan posisinya sebagai wakil ketua Komisi IX DPR yang mencakup bidang kesehatan, tenaga kerja dan kependudukan, Yos Nggarang menilai bahwa Melki Laka Lena sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Bahkan Bung Melki sangat menonjol dari segi menuangkan pikiran, dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, dengan menggunakan sumber daya yang ia miliki serta ditopang oleh jaringan yang begitu luas,” tutur Yos Nggarang.

Dalam bidang kesehatan misalnya, Melki Laka Lena tercatat telah berjuang untuk mewujudkan tersedianya infrastruktur dasar kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Ben Mboi, Kota Kupang.

“Ini merupakan rumah sakit terbesar di wilayah Indonesia timur, dan dari segi fasilitas sangat modern,” kata Yos Nggarang.

Melki Laka Lena juga mampu memperjuangkan pembangunan/ renovasi serta penyedian fasilitas puluhan Puskesmas Prototipe dan ratusan Pustu di seluruh NTT.

“Masih di bidang kesehatan, Bung Melki juga tercatat memperjuangkan pembangunan beberapa RS Pratama di 6 wilayah kabupaten di NTT, yakni di Kualin, TTS; Ponu,TTU; Reok, Manggarai; Wewiku, Malaka; Amfoang, Kupang; dan Riung, Ngada,” bebernya.

Dalam bidang ketenagakerjaan, demikian Yos Nggarang, Melki Laka Lena sukses memperjuangkan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) skala nasional di Kupang dan 26 unit BLK di seluruh NTT.

“Inilah jejak kerja nyata Bung Melki sebagai anggota DPR RI dalam lima tahun terakhir. Tentu masih banyak yang lainnya, termasuk juga untuk daerah lainnya di Indonesia,” ujar Yos Nggarang.

Terkait jejak perjuangan dan kerja nyata Melki Laka Lena ini, diakui Yos Nggarang, juga mendapat banyak apresiasi dari berbagai stakeholders di NTT.

“Saya sering berdiskusi dengan teman-teman dari berbagai lintas sektor di Manggarai Raya, seperti pelaku pariwisata, kelompok tani, nelayan, pendidik, tenaga kesehatan, kelompok mahasiswa, tokoh masyarakat, juga beberapa kelompok perempuan. Mereka juga menggarisbawahi soal perjuangan dan kerja nyata ini. Bukan soal statistik sedikit atau banyak, tapi maknanya, bahwa Bung Melki sudah mengerjakan visinya dan memberikan yang terbaik untuk daerah ini,” kata Yos Nggarang.

Kerja nyata ini pula yang membuat Yos Nggarang memutuskan mendukung penuh Melki Laka Lena maju dan bertarung pada Pilgub NTT 2024.

Apalagi, Melki Laka Lena sejak terpilih sebagai anggota DPR RI tidak sebatas bekerja untuk konstituen di daerah pemilihannya di Dapil NTT 2 (Pulau Timor, Sabu, Rote dan Sumba), tetapi juga daerah lainnya di NTT.

Melki Laka Lena juga memiliki perjalanan yang unik. Ia berasal dari keluarga Ende, namun lahir di tanah Timor, Kupang.

Ia mengenyam pendidikan SMP Seminari Kisol di Manggarai Timur, lalu melanjutkan pendidikannya di Ende. Untuk SMA, Melki Laka Lena melewatinya di Kupang dan moyang dari sang Mama yang berasal dari Payeti, Waingapu, Sumba Timur.

“Ini menjelaskan Bung Melki adalah NTT. Melki NTT inilah yang membuat saya dan teman-teman lintas sektor tadi, membulatkan tekad mendukung penuh Bung Melki untuk maju dalam pertarungan Pilgub NTT,” tegas Yos Nggarang.

“Saya pribadi, ini baru pertama kali mengambil bagian untuk mendukung kandidat pada pemilihan kepala daerah. Saya dan teman-teman menyadari ini juga bagian dari kontribusi dalam bernegara,” pungkasnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.