Yohanes Halut Gagas "Manggarai TKMB" Saat Daftar di NasDem

Ronald Tarsan
Yohanes Halut saat menyerahkan berkas pendaftaran kepada pengurus DPD NasDem Manggarai. Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id- Bakal calon bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur, Yohanes Halut mendaftar di Partai NasDem, Senin 6 Mei 2024.

Dari pantauan wartawan, Yohanes tiba di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem di Jalan Adisucipto Pukul 11.10 WITA. Ia bersama rombongannya diterima ketua desk pilkada NasDem, Fabianus Abu.

Berbicara mewakili pimpinan dan jajaran pengurus NasDem, Fabianus Abu menyambut Halut dengan 'tuak ris'. Dalam tradisi Manggarai ris adalah ucapan selamat datang.

Melalui juru bicara, pihak Yohanes Halut berbalas dengan ritus kecil 'kepok' menyerahkan sebotol arak disertai narasi adat menyampaikan niat Yohanes Halut yang ingin meminta dukungan NasDem menghadapi kontestasi pilkada serentak 2024.

Figur Yohanes Halut dikenal luas sebagai anggota DPRD Provinsi NTT tiga periode. Politisi Gerindra datang dengan balutan songke, sarung khas Manggarai, kemeja putih dan mengikat destar di atas kepalanya.

Acara pendaftaran bacabup 43 tahun itu berlangsung dengan nuansa kekeluargaan didampingi puluhan tokoh adat, perwakilan relawan dan keluarga besar Partai Gerindra di bawah komando Ketua DPC Gerindra Adrianus Sehadun.

Berkas pendaftaran Yohanes Halut diterima Ketua Desk Pilkada Fabianus Abu, didampingi Ketua Bappilu Ferdi Naur dan Ketua Organisasi Kader dan Keanggotaan (OKK) Nasdem, Vinsen Marung.

Yohanes Halut salam sambutan singkatnya mengatakan, ia maju menjadi bakal calon bupati membawa spirit generasi muda.

"Saya hanya anak muda biasa yang saya rasa keinginan saya sama seperti generasi muda ingin daerah ini lebih maju," kata politisi yang akrab dipanggil Yohan itu.

Gagas Manggarai TKMB

Yohan memperkenalkan konsep "Manggarai TKMB" yang bakal mengisi lembaran visi misinya ke depan. "Manggarai yang Transformatif, Kolaboratif, Mandiri, dan Berbudaya: Memimpin dengan Hati, Berkarya untuk Kesejahteraan Bersama," kata Yohanes Halut.

Ia mengaku, dirinya memiliki visi untuk menjadikan Kabupaten Manggarai mandiri dan tangguh. Di mana setiap warga bisa merasakan kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi. "Kami akan memimpin dengan keberanian dan kebijaksanaan, mengarahkan langkah-langkah menuju masa depan yang cerah dan penuh harapan. Bersama-sama, kami akan berkarya untuk menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh masyarakat Manggarai," cetus dia.

Di meja panitia penjaringan balon NasDem, nama Yohanes Halut menjadi pendaftar kelima. Sebelumnya sejumlah tokoh telah lebih dahulu mendaftar di partai besutan Surya Paloh itu.

Isu koalisi Gerindra-NasDem

Saat diwawancara wartawan, Yohanes Halut sedikit mengomentari isu beredar Gerindra bakal berkoalisi dengan NasDem. Memang berembus kabar, Yohanes Halut kemungkinan besar berpasangan dengan Thomas Dohu yang baru-baru ini diangkat menjadi Sekretaris NasDem Manggarai.

"Pendaftaran di NasDem hari ini bagian dari proses politik. Soal informasi saya dengan Pak Thomas itu kan keinginan masyarakat juga ya kita hargai," ujarnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network