Para Tua Adat di Kecamatan Pacar Minta Restu Leluhur untuk Mendoakan Edi-Weng Tetap Menjadi Bupati

Siprianus Robi
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Yulianus Weng saat menggelar undian nomor urut yang digelar oleh KPUD Manggarai Barat, Senin (23/9/2024). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id -Tua adat Gedang Helung, Desa Golo Lajang Barat, Kecamatan Pacar sepakat untuk mengutus pasangan Edistasius Endi dan Yulianus Weng ( Edi-Weng) untuk tetap menjadi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Periode 2024-2029.

Kesepakatan itu dituangkan dalam acara adat Manggarai Wuat (Perutusan) yang digelar dirumah Gendang Helung, Rabu (2/10/2024) malam.

Hadir dalam acara itu, Tua Adat Anak Rona Anak Wina Gendang Helung, Calon Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi bersama rombongan.

Tua Adat Gedang Helung Nikolaus Damin yang mewakili Delapan Tua adat  yang hadir dalam  acara adat Manggarai itu mengatakan ritus yang dilakukan oleh para tetua adat Gedang Helung untuk meminta restu kepada alam dan leluhur untuk bersama-sama mendoakan dan mendukung Edistasius Endi dan Yulianus Weng untuk tetap menjadi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada Lima tahun yang akan datang.

"Acara adat ini tadi, untuk mengutus pak Edi dan dr. Weng untuk melanjutkan pimpin Manggarai Barat dalam Lima tahun kedepan. Acara ini juga untuk meminta kepada para leluhur kami disini agar segala rencana dari pak Edi dan dr. Weng bisa tercapai, neka manga Ronggo do,ong, Watang Caka Latang lako de Pak Edi," ucapnya.

Ia juga mengatakan para tua adat yang hadir dalam ritus adat itu ada Delapan Panga atau perwakilan setiap suku yang ada di Gendang Helung dan telah sepakat untuk mendukung Edi dan Weng pada Pilkada Mendatang.

"Kami dari 9 Panga yang ada di Gendang Helung ini sudah sepakat untuk tetap mendukung dan siap memenangkan pak Edi dan dr. Weng dan pilkada mendatang," ucapnya.

Menurut Nikolaus, kebijakan Edi Endi dan dr. Weng telah banyak membantu mereka di desa itu.

"Alasan kamu tetap mendukung pak Edi dan dr. Weng karena mereka telah membantu kami disini, kami butuh air mereka sudah berikan, kemudian sekolah, jalan dan rencananya juga nanti akan dibangun Puskesmas, dan itulah yang kami butuhkan disini," ucapnya.

Sementara itu, Calon Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya mengatakan akan siap melanjutkan pembangunan yang di Kabupaten Manggarai Barat.

Ketua DPW Partai Nasdem NTT itu juga mengajak masyarakat Manggarai Barat untuk memilih pemimpin yang bisa mendengar keluhan masyarakat.

"Mari kita memilih pemimpin yang benar-benar perhatikan kebutuhan masyarakat. Edi dan Weng telah membangun infrastruktur jalan, peningkatan ekonomi masyarakat, membangun beberapa puskesmas yang tersebar diberbagai tempat di Kabupaten Manggarai Barat, itu betul-betul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ungkap Edi Endi disambut tepuk tangan oleh masyarakat yang hadir dalam acara itu.

Edi Endi mengatakan, Edi dan Weng tidak punya niat untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati yang sukses tetapi ingin menjadi Bupati dan Wakil Bupati yang bernilai dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Saya dan Kaka dr. Weng tidak punya niat untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati yang sukses tetapi Edi dan Weng ingin menjadi Bupati dan Wakil Bupati yang bernilai dan bermanfaat kepada masyarakat. Bupati yang sukses itu belum tentu bernilai dan bermanfaat kepada masyarakat tetapi kalau Bupati yang bernilai dan bermanfaat itu niscaya akan membuat masyarakatnya sukses," ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih Edi dan Weng pada tanggal 27 November 2024 mendatang dengan coblos nomor urut Dua (2).

"Saya berharap kepada semua, Ende, Ema, Ase, Kae ce,e Helung ho,o untuk memilih Edi dan Weng nomor urut Dua pada tanggal 27 November 2024 mendatang," ungkap Edi Endi yang disambut yel-yel oleh masyarakat yang hadir.

Untuk diketahui, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Yulianus Weng mendapat nomor urut Dua saat Pengundian nomor urut oleh KPU Kabupaten Manggarai Barat pada 23 September 2024 lalu.

Saat itu, Edi Endi mengatakan nomor urut Dua adalah simbol Victori atau kemenangan untuk pasangan Edi-Weng pada Pilkada Manggarai Barat tahun 2024.

"Ini Victory sama dengan kemenangan," ungkap Edi Endi  yang disambut tepuk tangan dan teriakan gas Dua periode oleh para pendukung yang hadir.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network