Hasil Kerja Keras Pemerintahan Edi - Weng Berhasil Dapatkan Kuota 1.793 Formasi PPPK Tahun Ini

Siprianus Robi
Ilustrasi PPPK. Foto: iNewsFlores.id/Ist

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah menyetujui 1.793 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk Kabupaten Manggarai Barat. 

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Manggarai Barat, Ondy Chrystian Siagian mengatakan Pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat di awah kepemimpinan Edistasius Endi, SE, dan dr. Yulianus Weng (Edi - Weng) telah berjalan dengan baik selama ini dan terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal, dibutuhkan sumber daya manusia aparatur yang memadai. 

Untuk memenuhi kebutuh SDM aparatur yang memadai pemerintah Manggarai Barat telah berupaya mengusulkan dan telah disetujui BKN  sejumlah 1.793 formasi  P3K yang saat ini proses pendaftaran sedang berlangsung sejak 1 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Pjs Bupati Manggarai Barat Ondy Chrystian Siagian saat memberikan amanat dalam apel kekuatan di halaman kantor Bupati, Senin (07/10/2024). 

Apel kekuatan ini merupakan apel perdana yang dipimpinnya sejak dikukuhkan menjadi Penjabat Sementara Bupati Manggarai Barat dikarenakan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Yulianus Weng sedang melaksanakan cuti di luar tanggungan Negara yaitu mengikuti kontentasi Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Manggarai Barat.

“Kita bersyukur, kemarin bapak Sekda melaporkan kepada saya, bahwa untuk teman-teman yang tenaga kontrak dengan SK yang telah dipegang masing-masing sesuai ketentuan, maka telah dibuka kesempatan untuk memasukan  lamaran sebagai ASN P3K. Kurang lebih sekitar 1.700 formasi. Untuk bapak ibu sekalian, teman-teman  sekalian yang saat ini memenuhi syarat sebagai tenaga kontrak untuk dapat mendaftarkan sebagai calon ASN P3K,” ujarnya.

Diakuinya bahwa munculnya formasi P3K sejumlah 1.793 formasi ini merupakan hasil kerja keras pemerintah Manggarai Barat selama ini. Dirinya meminta agar tenaga honor daerah menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Ini bukan perjuangan yang tiba-tiba, ini perjuangan yang panjang yang dilakukan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat selama ini. Oleh karenanya bapak ibu sekalian yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi P3K ini untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan ini. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dengan baik,” ucapnya.

Ondy Chrystian Siagian juga menyampaikan bahwa selain rekrutmen melalui seleksi P3K, rekrutmen SDM aparatur juga melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD).

“Rekrutmen pegawai dibuka juga untuk CPNSD, informasinya Manggarai Barat mendapat kuota terbanyak seprovinsi NTT. Kuota terbanyak ini  juga adalah perjuangan dari pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan jajarannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Manggarai Barat Thomas A. D. Faran mengatakan bahwa Pemerintah Manggarai Barat telah membuka pendaftaran online untuk 1.793 Formasi yang sudah berlangsung dari tanggal 1 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2024 mendatang.

“Jadi ada total 1.793 formasi yang disiapkan. Dengan rincian 1.075 formasi guru, 77 Formasi Kesehatan dan 641 formasi teknis,” jelasnya.

Disampaikannya pula bahwa pendaftaran CP3K ini merupakan tahap pertama yang diperuntukan bagi eks Tenaga Honor Kategori 2 (THK 2) dan non ASN yang ada dalam pangkalan data BKN. 

Selanjutnya akan diinformasikan pendaftaran tahap ke dua untuk honorer yang tidak ada dalam pangkalan data BKN namun sudah bekerja 2 (dua) tahun pada instansi pemerintah Manggarai Barat.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network