get app
inews
Aa Read Next : Tim Pokja Pembangunan Berketahanan Iklim Gelar Rapat Koordinasi

Ratusan Pohon Ditanam untuk Selamatkan Lingkungan di Lamba Leda Timur

Senin, 01 Agustus 2022 | 12:36 WIB
header img
Ilustrasi bibit pohon. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Sebagai bentuk kepedulian terhadap isu perubahan iklim, sejumlah pemuda yang dikoordinir oleh Ormas Pemuda Pancasila, Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan aksi penanaman pohon di area kawasan mata air Desa Ulu Wae. Sabtu (30/07).

Bastian Paju, ketua Pemuda Pancasila, Lamba Leda Timur mengatakan, kegiatan ini digagas oleh Pemuda Pancasila untuk menyikapi terhadap isu lingkungan dan dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim sekaligus untuk memperingati hari hutan Indonesia yang jatuh pada tanggal 7 Agustus 2022. 

Selain itu, program ini didukung oleh Koalisi KOPI (Kolaborasi Orang-muda atas Perubahan Iklim) NTT, dan lembaga Teras Mitra Indonesia.

"Yang terjadi di Kecamatan Lamba Leda Timur, perubahan iklim itu karena banyak warga yang merambah hutan, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan penghijauan," ujar Bastian kepada iNewsFlores.id.

Ia menyatakan latar belakang kegiatan ini karena adanya perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah terganggunya ekosistem, pemanasan global, ancaman terjadinya bencana, tanah longsor dan kekeringan. Juga mengkampanyekan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon. 

Menurut Bastian, kegiatan menanam pohon sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan lingkungan.

Kata Bastian, masalah lingkungan hidup di Indonesia dan dunia semakin banyak dan penting untuk segera dicarikan solusinya. Ia juga berharap kegiatan penghijauan tersebut mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya isu lingkungan hidup.

Masih lanjutnya, isu lingkungan merupakan suatu persoalan serius dan haru menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Dibutuhkan upaya khusus untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam program penanaman pohon yang tengah dicanangkan pemerintah. Makanya kami hari ini mulai menanam ratusan pohon," paparnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut