Logo Network
Network

Tim Pokja Pembangunan Berketahanan Iklim Gelar Rapat Koordinasi

Yoseph Mario Antognoni
.
Kamis, 14 Maret 2024 | 19:21 WIB
Tim Pokja Pembangunan Berketahanan Iklim Gelar Rapat Koordinasi
Tim Pokja menangani perubahan iklim di Manggarai, saat pose bersama usai menggelar rapat koordinasi pada Rabu (13/3/2024). Foto: iNewsFlores.id/Izno

Ruteng, iNewsFlores.id - Tim pokja 
Pembangunan Berketahanan Iklim (PBI), Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar rapat koordinasi.

Rapat tersebut berlangsung di aula kantor Bappelitbangda Kabupaten Manggarai pada Rabu (13/3/2024).

"Rapat koordinasi ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama dengan stakeholder untuk membuat sekertariat bersama tingkat Kabupaten Manggarai, untuk menangani perubahan iklim," kata kaban Bappelitbangda Kabupaten Manggarai Hila Jonta saat membuka kegiatan tersebut.

Kata Hila, di Manggarai sudah bentuk tim Pokja untuk menangani perubahan iklim. Sehingga itu Lanjut dia pentingnya sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah untuk pelestarian lingkungan dan kehutanan.

Kolaborasi dan sinergi antar berbagai pihak sangat dibutuhkan guna merespon perubahan iklim serta mendukung tercapainya pengurangan emisi gas rumah kaca dan ketahanan iklim di Manggarai.

"Pemerintah daerah sangat berperan dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan peningkatan ketahanan iklim," ujarnya.

Kata dia kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wadah untuk sharing pembelajaran update kemajuan pencapaian pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim sehingga diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi pemerintah daerah, khususnya di Manggarai untuk maju dan bertumbuh bersama dalam pengendalian perubahan iklim.

Merespon hal tersebut Direktur Yayasan Ayo Indonesia Tarsi Hurmali mengatakan, ini suatu langkah yang baik, yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Manggarai, untuk mengatasi perubahan iklim yang terjadi sekarang.

Jadi harapannya setiap rencana pembangunan di Manggarai kedepannya itu harus mempertimbangkan perubahan iklim didalamnya.

"Supaya jangan ada alasan gagal karena perubahan iklim. Karena perubahan iklim ini sudah lama terjadi," kata Tarsi.

Tarsi sangat berharap kepada tim Pokja perubahan iklim di Manggarai, bisa menjadi jembatan untuk adaptasi dan mitigasi pangan dan bencana karena perubahan iklim.

Diketahui rapat itu dilaksanakan atas kerjasama antara Pemda Manggarai dan Yayasan Ayo Indonesia dibawah program VCA koalisi pangan baik.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.