get app
inews
Aa Read Next : Sumbangsih PT Florbamor Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Lokal di TNK

Tak Hanya Pembelian Tiket Wisata, Aplikasi INISA Juga Tawarkan Kemudahan Lainnya

Sabtu, 14 Januari 2023 | 13:04 WIB
header img
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi saat memberikan sambutan saat launching aplikasi INISA di Labuan Bajo, Jumat, (29/7/2022).

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Sejak diluncurkan Sistem Wildlife Komodo dalam aplikasi INISA tahun 2022 lalu, bukan saja jasa pembelian tiket yang ditawarkan, ternyata begitu banyak fitur lainnya yang memberikan kemudahan bagi wisatawan.

Fitur layanan tersebut terbagi menjadi 6 diantaranya: 
Sentra Tagihan
Dalam sentra tagihan bisa melakukan transaksi pembelian pulsa internet dan data dan bayar berbagai macam tagihan lainnya.

Sentra Wisata
Di sentra wisata ditawarkan transaksi pembelian tiket wisata, akomodasi dan aktivitas menarik lainnya.

Pembayaran Digital
Transaksi keuangan diera modernisasi saat ini tak lagi menggunakan uang cash, karena itu aplikasi INISA menawarkan transaksi digital dengan metode QRIS dan metode pembayaran digital lainnya.

Sentra Pajak
Aplikasi INISA juga bisa melayani pembayaran pajak.

PeduliLindungi
Untuk mempercepat layanan check-in dan check-out PeduliLindungi dari aplikasi INISA.

Direktur Operasional PT Flobamor, Abner Esau Runpah Ataupah menjelaskan selain fitur layanan di atas, aplikasi INISA saat ini memberikan sistem keamanan yang tinggi.

"Data pengguna terenkripsi dan dilindungi oleh sistem keamanan tertinggi" tuturnya Sabtu (14/1/2023).

Aplikasi INISA saat ini dapat diunduh di Play Store dan App Store dilengkapi dengan berbagai layanan publik lainnya.

"Diantaranya, sentra kependudukan, sentra wisata, sampai dengan Bantuan sosial. Masyarakat bisa membayar pajak PBB, tagihan listrik, BPJS Kesehatan, membeli produk dari UMKM lokal sebagai oleh-oleh, sampai dengan melakukan pembelian kebutuhan wisata seperti tiket kapal, tiket pesawat, booking hotel, rental mobil, dan pembelian Sistem Kontribusi Wildlife Komodo beserta penggunaan manfaat-manfaat programnya," terang Runpah lanjut.

Dikatakan Runpah, penggunaan aplikasi tersebut sudah sesuai dengan rekomendasi dan perhitungan yang diperoleh dari hasil kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Jasa Ekosistem (DDDTJE) oleh Tim Ahli IPB.

Karena itu, kunjungan wisatawan ke kawasan konservasi akan dikenakan biaya kontribusi sebesar Rp15.000.000 per 4 orang per tahun.

Sistem Wildlife Komodo dibuat guna mengatur tata kelola kunjungan dan aktivitas para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo, Pulau Padar dan kawasan perairan di kawasan Taman Nasional Komodo. 

Wildlife Komodo di aplikasi INISA kini dapat diakses dan dipakai wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komodo.

"Sebelum berkunjung, wisatawan harus mendaftar dan melakukan reservasi digital lewat aplikasi INISA yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (IOS)," katanya.

Selain itu, upaya pembatasan pengunjung ini akan diterapkan melalui pendaftaran satu pintu secara online melalui aplikasi bagi siapapun yang berkunjung ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan wilayah perairan sekitarnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut