get app
inews
Aa Read Next : PPK 3.4 Jalan Nasional Ngada Manggarai Bentuk Tim Pemantau Jalan

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Terisolasi

Senin, 06 Februari 2023 | 19:03 WIB
header img
Material tanah longsor tertimbun badan jalan di Cibal Barat, Manggarai. Foto': iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Cuaca buruk berupa hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Manggarai, NTT selama sepekan memaksa ribuan warga di Cibal Barat, terisolasi. Cuaca buruk di wilayah itu pun menyebabkan aktivitas perekonomian warga menjadi lumpuh total.

Akibat cuaca buruk selama sepekan itu pun terjadi longsor di sejumlah wilayah salah satunya tepat di Wae Kaung, Dusun Luwu, Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat. Karena itu, akses jalan penghubung dari kecamatan Cibal Barat menuju kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai tertimbun longsor pada Senin (06/02).

Hingga saat ini, kendaraan roda dua maupun roda empat tak bisa melintas keluar masuk wilayah tersebut.

Andres, seorang warga setempat yang melintasi jalur tersebut, mengatakan, dirinya hendak ke Ruteng, tapi setibanya di Wae Kaung ia tak bisa melewati jalur tersebut karena badan jalan sudah tertimbun longsor. Akibat longsor tersebut, jalur utama menuju kota Ruteng dari Cibal Barat, tak bisa dilalui. Akibatnya ribuan warga terisolasi dan aktivitas perekonomian lumpuh.

"Batu dan kayu yang menutupi bahu jalan akibatnya, kendaraan roda dua maupun roda empat tak bisa melewati wilayah tersebut," ungkapnya.

Andre juga menjelaskan sekitar 150 meter jalan penghubung kecamatan saat ini masih tertimbun material longsor, batu, dan pohon tumbang. Akibatnya, warga setempat saat ini tak bisa melintasi jalur ini karena material longsor masih menutupi badan jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai, Stefanus Tawar mengatakan, pihaknya telah mengerahkan alat berat ke lokasi titik longsor di Cibal Barat.

"Saat ini alat berat dari dinas PUPR meluncur ke lokasi untuk melakukan pembersihan material longsor," kata Step Tawar.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut