get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPW Perindo NTT Beri Penguatan Terhadap Caleg dan Kader Perindo

65 Desa di Manggarai Timur akan Menggelar Pilkades Serentak

Jum'at, 24 Februari 2023 | 19:13 WIB
header img
Pilkades. Foto: Sindonews/Ilustrasi

Borong, iNewsFlores.id - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan digelar pada bulan Mei 2023 mendatang. Hajatan demokrasi ini akan diselenggarakan di  65 desa di daerah itu.

Kepada media ini (24/2/2023) Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Manggarai Timur, Gaspar Nanggar memberikan sejumlah arahan agar Pilkades serentak berjalan lancar dan berkualitas.

Menurut Gaspar Nanggar, Pilkades tahun ini agak berbeda dengan pilkades tahun-tahun sebelumnya.

"Karena di 2023 seluruh tahapan pemilu, Pilpres, Pileg terus DPD juga bersamaan. Lalu agenda tahapan Pilkada juga berjalan. Sehingga Pilkades kali ini harapan kita panitia itu senetral mungkin," jelas Gaspar

Selain itu, Gaspar juga meminta, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus berperan serius untuk melakukan pengawasan kenetralan panitia. Para paslon juga diharapkan mengingatkan kepada para pendukungnya agar tidak melakukan tindakan anarkis ataupun perpecahan diantara bersama.

"Paling penting semua elemen harus mendukung kerja panitia, umumnya semua yang terlibat di desa. Posisikan diri kita di sana dengan membawa pencerahan, tidak membawa kepentingan pribadi kita untuk membuat suasana yang tidak bagus di desa," harap Gaspar.

Kembali Gaspar mengatakan, saat kampanye nanti para paslon bisa menjaga situasi dan saling menghormati sesama paslon.

"Paslon harus saling menghormati. Bagi keluarga yang tinggal jauh yang di daerahnya melaksanakan Pilkades untuk menahan diri dan tidak ikut campur terlalu jauh terkait suasana Pilkades. Tolong, bersama kita jaga kedamaian pilkades," ujarnya.

Ia menjelaskan adapun langkah teknis dan tahapan yang sudah disiapkan DPMD, yakni telah bekerja sama dengan pihak keamanan seperti Kepolisian, TNI dan Kejaksaan untuk antisipasi jika anarkis.

"Kali ini kita lengkap di kepanitian Pilkades Kabupaten, kalau ada kejadian luar biasa tentu semua elemen ini akan mengkaji apakah Pilkades tersebut akan dihentikan atau dilanjutkan, tapi kita tidak berharap seperti itu." tambahnya.

Selanjutnya Gaspar menerangkan lagi bahwa pada tanggal 15-17 Mei nanti, pihaknya akan agendakan deklarasikan damai.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian, walaupun di Perbub tidak ada, tapi poin ini penting, supaya para calon, pada tanggung jawab dan menjamin Pilkades aman begitupun terhadap pendukungnya, masyarakat semua, panitia dan Pemda." Tutup Gaspar 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut