get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Sebut Tiga Penerbangan Luar Negeri ke Labuan Bajo sudah Finalisasi

Nelayan di Labuan Bajo Keluhkan Maraknya Pencurian BBM dan Peralatan Kapal Wisata

Jum'at, 03 Maret 2023 | 17:55 WIB
header img
Sat Binmas Polres Manggarai Barat saat melaksanakan Jumat Berkat bersama para Nelayan dan ABK Kapal Wisata di Pantai Pede, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (3/3/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Mahfud salah seorang nelayan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT mengeluh lantaran maraknya kasus pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Nelayan yang disimpan di atas Perahu Motor dan juga peralatan Kapal Wisata.

Hal itu ia sampaikan kepada Kepala Satuan Binmas Polres Manggarai Barat, AKP Muhammad Yakub saat melaksanakan  Jumat Curhat bersama Nelayan dan ABK Kapal Wisata yang dilaksanakan di Pantai Pede, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (3/3/2023).
 
Ia pun berharap kejadian seperti itu menjadi perhatian dari Polres Manggarai Barat untuk melakukan patroli setiap malam di sekitaran Pantai Pede.

"Kalau bisa dari Polres Manggarai Barat selalu melakukan patroli di setiap malam disekitar Pantai Pedde agar mendapat keamanan dan kenyamanan," ungkapnya.

Menanggapi keluhan itu, AKP Eko mengucapkan terima kasih atas masukan dari warga setempat. Dimana ada ganguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan warga salah satunya marak terjadi pencurian BBM dan peralatan Kapal Wisata.

"Dengan adanya wadah kegiatan Jumat Curhat ini kami dari Polres Manggarai Barat dapat mendengarkan aspirasi warga dan kedepan kami akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan jam patroli ke Pantai Pedde," ucapnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat tidak ragu dan segan untuk melaporkan kejadian sekecil apapun yang terkait gangguan kamtibmas, bisa menghubungi Babhinkamtibmas Desa Gorontalo maupun langsung ke SPKT Polres Manggarai Barat.

"Saya ucapkan terima kasih karena warga sangat terbuka dan mau menyampaikan permasalahan yang terjadi," imbuhnya.

Kegiatan Jumat Curhat yang dikemas dengan tema "JUS BERRI BERKASIAT" Jumat Santai Bersama Polri Bersama Kapolres Manggarai Barat membahas tentang situasi yang berkembang antara masyarakat dengan Polri untuk menjalin sinergitas dalam menciptakan kondusifitas kamtibmas.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas, AKP Muhammad Yakub menyampaikan kegiatan Jumat Curhat telah dilaksanakan beberapa kali di wilayah Kecamatan Komodo, khususnya di Pantai Pedde.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini Polri dapat hadir ditengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjalin komunikasi yang baik antara kita. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini kami mendapat masukan yang positif sehingga kita menjaga Kamtibmas di wilayah Manggarai Barat terlebih khusus di Kota Labuan Bajo yang merupakan Kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium," ungkap Pak Eko sapaan akrabnya.

"Selain dari pihak Polres Manggarai Barat, menurutnya untuk menjaga Kamtibmas perlu dilakukan Siskamling di wilayah masing-masing, guna meminimalisir tindak pidana di wilayah Manggarai Barat," tambahnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu yakni Kasi Humas Polres Mabar IPTU Eka Darma Yuda, Kasubbag Watpers Bag SDM IPTU Nikolas Hampur, KBO Binmas IPDA Komang Arya Bayuna, personil Polres Mabar dan Nelayan serta ABK Kapal Wisata yang sedang melakukan perbaikan Kapal (docking) dipinggir Pantai Pedde.

Di akhir kegiatan, Mantan Kapolsek Komodo itu mengimbau kepada Nelayan dan ABK Kapal Wisata di Pantai Pedde agar melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa atau Pemerintah apabila ada permasalahan yang terjadi, sehingga dapat tercipta situasi kamtibmas tetap kondusif

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut