Logo Network
Network

Wakil Bupati Manggarai Timur Minta Para ASN untuk Disiplin Membayar Pajak

Iren Leleng
.
Selasa, 21 Maret 2023 | 22:21 WIB
Wakil Bupati Manggarai Timur Minta Para ASN untuk Disiplin Membayar Pajak
Wakil Bupati Manggarai Timur bersama KPP Pratama Ruteng saat kegiatan panutan pajak. Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Wakil Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Siprianus Habur, mengharapkan aparatur sipil negara (ASN) di wilayah itu untuk menjadi contoh disiplin bagi masyarakat dalam hal membayar pajak.

"Hari ini saya bangga, Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Ruteng sudah hadir di Manggarai Timur. Padahal menurut saya urusan pajak adalah urusan pribadi, urusan perorang. Luar biasa KPP sudah hadir melayani masyarakat terutama seluruh ASN. Lantas, siapkah kita menerima KPP?" Ujar Sipri

Sipri juga, mempertanyakan kesiapan para ASN di wilayah itu untuk disiplin dalam membayar pajak.

"Siapkah kita membayar pajak. Ataukah masih ada aset-aset ASN yang masih disembunyikan. Kita harus jujur melaporkannya." Tambahnya lagi 

Sipri juga mengakui bahwa, semua asetnya sudah dilaporkan dengan jujur. Menurutnya, sebagai ASN sudah seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat, misalnya seperti taat membayar pajak. Tujuannya agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar taat pajak. 

“Saya menghimbau seluruh ASN termasuk aparatur pemerintahan desa di Manggarai Timur, agar taat memenuhi kewajiban dalam pembayaran pajak daerah,“ harapnya.

Dia menjelaskan, pembayaran pajak daerah yang dimaksud seperti Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), sudah sepatutnya hal ini menjadi perhatian bersama.

Masih lanjutnya bahwa, ketaatan memenuhi kewajiban pembayaran pajak sebagai bentuk kontribusi nyata dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ketaatan membayar pajak, merupakan salah satu kontribusi dalam mendukung kemajuan pembangunan dan kemajuan daerah.

“Mari kita bersama-sama peduli pentingnya membayar pajak, agar bisa membawa kesejahteraan serta kemajuan bagi masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan dari hasil pajak itu nantinya, maka setiap program yang dilaksanakan Pemerintah pasti mengarah untuk kepentingan masyarakat.

“Saya yakin dengan adanya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, program pembangunan kita juga bisa maksimal,” tutupnya.

Terpisah, Kepala KPP Pratama Ruteng, Irwan Eka Putra, pada saat kegiatan panutan pajak, Selasa (21/03, menjelaskan bahwa pembangunan di daerah Manggarai Timur sekitar 70-80% diketahui dibiayai oleh pemasukan pajak.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, KPP Pratama Ruteng diamanatkan untuk pencapaian penerimaan dari  sektor pajak sebesar Rp 409 miliar.

Oleh karena itu mengajak kepada masyarakat maupun para ASN untuk segera melunasi tunggakan pajak tahun sebelumnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada wakil Bupati yang sudah memberikan teladan kepada masyarakat sudah taat membayar pajak sesuai undang-undang yang berlaku."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini