get app
inews
Aa Read Next : Semua Wisatawan Asing dan Wisatawan Domestik Selamat atas Insiden Kapal Terbakar di Labuan Bajo

Wamenparekraf Pantau Pelaksanaan Pesta Rakyat Jelang KTT ASEAN di Labuan Bajo

Senin, 08 Mei 2023 | 09:28 WIB
header img
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat mengunjungi Lapak UMKM di Lapangan Wae Kesambi, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu (7/5/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo memantau secara langsung pelaksanaan pesta rakyat menjelang KTT ke 42 ASEAN yang diselenggarakan di Lapangan Wae Kesambi, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu (7/5/2023).

Sesampai di Lapangan Wae Kesambi, Angela lansung mengunjungi Stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengikuti pameran dalam acara tersebut.

Setiap Stan yang dikunjungi, Angela sempat berbincang dengan pelaku UMKM terkait produk yang dijual.

Selain menanyakan produk jualan, Angela juga sempat membeli produk UMKM diantaranya, Sari Tiga Komodo dan Kain Tenun adat Kabupaten Sika.

Setelah mengunjungi Stan penjualan UMKM, Angela sempat foto bersama dengan pelaku seni dan masyarakat yang sempat hadir.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf RI, Masruroh mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebenarnya ingin agar pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN tidak hanya sukses substansi atau sukses Penyelenggaraan tetapi juga memberikan benefit yang besar bagi masyarakat lokal.

"Jadi kita buat site event ini berkolaborasi dengan BPOLBF untuk meningkat partisipasi masyarakat,membuat masyarakat senang dan ikut merasa memiliki ASEAN Summit yang dilaksanakan di Labuan Bajo," ungkap Wayan Giri kepada awak media di Labuan Bajo, Minggu (7/5/2023).

Ia juga mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Labuan Bajo yang begitu antusias menyambut acara ini.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Labuan Bajo yang menyambut acara ini dengan sangat antusias, baik itu pelaku UMKM, dari 17 subsektor Parekraf maupun pelaku seni, pengisi acara semuanya kita libatkan masyarakat lokal," ungkapnya.

Sementara, Direktur Badan Pelaksanaan Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan UMKM yang hadir dalam acara itu tidak hanya dari Labuan Bajo tetapi UMKM yang ada di daratan Flores.

"UMKM yang ikut ini, bukan hanya dari Labuan Bajo tetapi dari semua daratan Flores. Dan hari ini UMKM yang terlibat itu sekitar 67 UMKM," ungkapnya.

Shana menyebut kegiatan ini juga ingin memberi ruang sekalian edukasi tentang ASEAN Summit dan bagaimana Labuan Bajo sebagai tuan rumah.

Shana berharap sebagai tuan rumah yang baik kegiatan event KTT ASEAN di Labuan Bajo bisa berjalan dengan baik.

"Jadi harapannya dengan hari ini kita bisa menjadi tuan rumah yang baik sampai kegiatan ini selesai dengan baik," harapnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut