get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Sebut Tiga Penerbangan Luar Negeri ke Labuan Bajo sudah Finalisasi

Ajang KTT Ke 42 ASEAN, Erick Tohir Dorong UMKM Mendunia

Rabu, 10 Mei 2023 | 01:02 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Tohir saat mengunjungi Pameran UMKM Rumah BUMN, SME's HUB di Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Senin (9/5/2023). Foto: iNewsFlores.id/ Siprianus Robi.

Labuan Bajo, iNewsFlores.id- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendunia lewat Pameran UMKM Rumah BUMN, SME's HUB di ajang KTT ke 42 ASEAN Summit di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Hal itu disampaikan pada saat mengunjungi Pameran UMKM Rumah BUMN, SME's HUB di Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Senin (9/5/2023).

 Erick Tohir mengungkapkan kegiatan SME's HUB ini merupakan bukti bahwa BUMN siap untuk mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan dan juga pembiayaan termasuk juga melalui pembinaan dari Rumah BUMN.

“UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi Ekonomi Indonesia. Oleh karena itu Kementerian BUMN dan kementerian juga lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar (target market) dan pembiayaan. BUMN dengan bank himbara (Himpunan Bank Milik Negara) fokus pada pembiayaan. Ditambah lagi PNM Mekaar dengan 149.000 nasabah yang dibina di Flores juga terlibat,” ungkap Erick. 

Ia juga mengungkap bahwa UMKM yang terlibat di SME's HUB saat ini tidak kalah saing dari produk komersial lainnya. 

“Bahkan ada UMKM kita yang sudah menembus pasar Eropa dan dipasarkan di Itali,"jelasnya

Gelaran SME's HUB berlangsung 5 hari dari pagi hingga malam, dimana 3 hari pertama yakni 9 -11 Mei dikhususkan untuk para delegasi negara-negara ASEAN dan 2 hari setelahnya yakni pada 12-13 Mei terbuka untuk umum. Pada event ini 50 pelaku UMKM yang terlibat telah melewati proses kurasi yang sangat ketat, 10 di antaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM binaan dari Rumah BUMN dan kementerian lainnya. Booth UMKM ini menjual berbagai macam produk produk lokal mulai dari makanan dan minuman khas, kain tenun, kerajinan tangan etnik, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, SME's HUB 2023 juga dimeriahkan oleh Art Performance, Stand up Comedy, kuliner, pelatihan sustainability (pelestarian lingkungan) dan acara menarik lainnya.

Pada gelaran ini terdapat 50 pelaku UMKM yang terlibat dan tentunya telah melewati proses kurasi yang sangat ketat, 10 di antaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM binaan Rumah BUMN dan kementerian lainnya. Booth umkm ini menjual berbagai macam produk produk lokal mulai dari makanan dan minuman khas, kain tenun, kerajinan tangan etnik, dan masih banyak lagi.

Melihat tingginya antusiasme pengunjung, Erick Thohir yakin SME’s HUB 2023 membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong UMKM tanah air mendunia.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut