get app
inews
Aa Read Next : Semua Wisatawan Asing dan Wisatawan Domestik Selamat atas Insiden Kapal Terbakar di Labuan Bajo

Wow, Ada Nama Pejabat dari Daftar Komodo yang Dilepas di Cagar Alam Wae Wuul

Minggu, 24 September 2023 | 19:11 WIB
header img
Satu ekor Komodo yang sedang berjalan di Pulau Komodo. Foto: iNewsFlores.id/Siprianus Robi

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Wow!! Ada yang baru dari binatang langka ini. Baru-baru ini ada enam ekor Komodo dilepas di Cagar Alam Wae Wuul, Macang Tanggar, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 23 September 2023.

Keenam Komodo tersebut merupakan hasil perkawinan dua ekor Komodo dari induk komodo bernama Rangga dan Rinca di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, Jawa Barat. 

Dari keenam ekor Komodo yang dilepasliarkan di Cagar Alam Wae Wuul, diberikan nama unik, seperti Komodo Viktor, Komodo Indra, Komodo Setiawan, Komodo Edi Endi, Komodo Yansen dan Komodo Sato.

Nama Komodo Viktor sebagai penghargaan kepada Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur 2018/2023. Komodo Indra sebagai penghargaan untuk staf ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Komodo Satiawan sebagai pengahragaan untuk Dirjen KSDAE KLHK. 

Sedangkan Komodo Edi Endi sebagai bentuk penghargaan terhadap Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi. 

Keenam Komodo itu dilepasliarkan secara resmi di Cagar Wae Wuul oleh Kementerian DLHK yang diwakili staf ahli Kemen DLHK, Drh. Indra Eploitasia, Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat, Bupati Manggarai Barat, Pimpinan UPTD KSDAE, Muspida, dan segenap tokoh masyarakat setempat. 

Acara pelepasan Enam Komodo ini dengan tema "Komodo Kole Beo" atau Komodo pulang kampung.

Indra dalam sambutannya menyampaikan, keenam ekor Komodo yang dilepasliarkan di Cagar alam Wae Wuul merupakan hasil perkawinan dari kedua ekor Komodo yang dilestarikan di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. 

Pemberdayaan tersebut dilakukan guna melakukan pelestarian terhadap satwa langka yang ada di Taman Nasional Komodo (TNK).

“Setelah melewati beberapa tahapan, keenam ekor Komodo dikembalikan ke habitat asli yakni Cagar Alam Wae Wuul. Wae Wuul dipilih sebagai lokasi pelepasan enam ekor Komodo sebab secara genetik, keenam ekor Komodo tersebut merupakan genetika Komodo yang ada di Cagar Alam Wae Wuul,” Kata Indra

Sementara itu, Bupati Edi Endi menyampaikan terimakasih kepada KLHK, Taman Safari Indonesia serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan satwa langka yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. 

“Saya mengajak segenap masyarakat agar bergandengan tangan menjaga dan melestarikan lingkungan serta satwa yang di dalamnya,” ungkapnya. 

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut