get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Lengko Ajang Tak Dialiri Listrik karena Ditipu Rekanan PLN

Golo Loni Masuk 15 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Kamis, 16 November 2023 | 23:28 WIB
header img
Desa Wisata Golo Loni, Manggarai Timur, NTT, Foto: iNewsFlores.id/Iren Leleng

Borong, iNewsFlores.id - Suatu capaian gemilang ditorehkan Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah terpilih masuk 15 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia dalam ajang lomba Desa Wisata Nusantara yang digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk Kategori Desa sangat tertinggal, tertinggal, berkembang.

Dikonfirmasi media ini, Kamis (16/11/2023), Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas mengatakan prestasi diraih setelah melewati tahapan seleksi dokumen, presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan oleh tim juri.

Jelasnya, pada tahap sebelumnya Desa Wisata Golo Loni masuk 45 besar setelah melewati tahapan presentasi di hadapan dewan juri. Selanjutnya dari 45 desa tersebut dilakukan assesment dan dikerucutkan menjadi 15 (lima belas) desa wisata terbaik. 

Lanjutnya, tahapan selanjutnya adalah verifikasi lapangan dengan kunjungan langsung oleh tim juri untuk memastikan kesesuaian data, dokumen pendukung dan informasi yang telah dipresentasikan dengan kondisi faktual di lapangan. 

Tim juri yang melakukan penilaian terdiri dari praktisi dan akademisi pariwisata dan tim pendamping dari Kemendes PDTT.  Pada kesempatan tersebut tim juri melakukan kunjungan ke seluruh atraksi wisata yang ada yakni Farmstay, atraksi river tubing anak-anak, kolam ikan, jalur sepeda, agrowisata Golo Loni, air terjun, atraksi menganyam tikar, gua alam watu tahang, atraksi river tubing dan spot wisata buatan Golo Depet. 

"Selanjutnya pihak Desa Wisata Golo Loni akan diundang untuk menerima penghargaan pada acara Malam Anugerah dan Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang akan dilaksanakan di Desa Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada hari Jumat, 24 November 2023."

Terhadap prestasi ini, Agas Andreas menyampaikan rasa bangga. “Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Manggarai Timur  menyampaikan apresiasi kepada pihak Kemendes PDTT khususnya panitia lomba yang telah memilih Desa Golo Loni menjadi salah satu desa yang masuk 15 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia dan berharap semoga pencapaian ini semakin memacu Pemerintah Desa, Pengelola dan masyarakat Desa Golo Loni  untuk lebih semangat mengelola pariwisata."

Bupati Agas juga mengharapkan prestasi yang diraih Desa Golo Loni menginspirasi desa-desa lain di Kabupaten Manggarai Timur. "Saya berharap momen ini menginspirasi desa-desa wisata lain di Kabupaten Manggarai Timur untuk  agar lebih serius mengembangkan pariwisata di desanya masing-masing. Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 ini sangat penting dilaksanakan karena untuk mensuport pertumbuhan ekonomi di desa melalui desa wisata."
  
Terpisah, Kepala Desa Golo Loni Johan Okalung  menyampaikan rasa syukur atas pencapaian yang diraih Desa Wisata Golo Loni. 

"Kami selaku pengelola Desa Wisata Golo Loni menyambut gembira dan atas apa yang telah diraih oleh Desa Wisata Golo Loni pada lomba desa wisata tahun ini. Ini semua merupakan hasil kerja keras semua pihak mulai dari Pemerintah desa, bumdes,dan seluruh masyarakat Desa Golo Loni."

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut