Dua Ton Sampah Dihasilkan dari Pantai di Labuan Bajo

Siprianus Robi
Anggota Kepolisian Polres Manggarai Barat bersama siswa-siswi SMAN 1 Komodo, dan SMK Stelaris membersihkan pantai di Wae Cecu. Foto: iNewsFlores.id/Ist

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Sebanyak dua (2)) ton sampah dihasilkan dari pesisir Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sampah itu berhasil dikumpulkan dari aksi bersih-bersih di destinasi wisata Pantai Waecicu yang diinisiasi oleh Tim Raimas Komodo Satuan Samapta Polres Manggarai Barat pada Senin (16/09/2024) sore.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih bersama puluhan pelajar dari SMAN 1 Komodo dan SMAK Stella Maris Labuan Bajo serta para pemandu wisata di sekitar pantai tersebut.

Semua jenis sampah yang berserakan, seperti tissue, botol-botol bekas minuman, plastik pembungkus makanan, styrofoam, pembungkus rokok, sisa-sisa makanan ringan hingga puntung rokok pun dipungut.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. melalui Iptu Lukas Bao Lile mengatakan dalam aksi bersih-bersih pantai itu, berhasil dikumpulkan sampah yang didominasi sampah plastik bekas makanan dan minuman kemasan sebanyak 2 ton.

"Sampah tersebut dari masing-masing tim kemudian dikumpulkan. Totalnya mencapai 25 kantong sampah atau hampir 2 ton. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan selama 1,5 jam," kata Perwira yang juga menjabat sebagai Kasat Samapta Polres Mabar itu.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan membersihkan sampah di salah satu pantai di kawasan pariwisata super premium itu yakni untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan semangat gotong royong.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan bersih pantai ini, agar menggugah warga masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, yang mana masyarakat yang berada di kawasan pesisir pantai ini dapat bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan dijauhkan dari sampah," ungkapnya.

Ia juga meminta, kepada seluruh masyarakat baik yang berada di sekitar maupun pengunjung yang berwisata agar sama-sama menjaga kebersihan pantai dan tidak lagi membuang sampah ke pantai.

"Yang jelas untuk menjaga kebersihan pantai ini adalah tanggung jawab bersama, kami mohon masyarakat sekitar juga harus berperan lebih aktif untuk saling menjaga kebersihan pantai ini," ujar Kasat Samapta.

Apalagi, dari sisi ekonomi laut bisa menjadi penopang mata pencaharian masyarakat dan ketika dikelola dengan benar tentu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Wisatawan juga senang berkunjung, bahkan jangka panjang bisa meningkat karena pantainya terjaga kebersihannya," tuturnya.

Untuk itulah, imbuh dia, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai harus ditingkatkan, termasuk para pengunjungnya juga diedukasi untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Jadi harapan kami, tolong sampahnya dibuang pada tempat-tempat yang disediakan oleh pemerintah atau pengelola kawasan wisata, bisa juga mungkin kalau tidak bisa dijangkau tempat sampahnya, mungkin bisa dibawa pulang," sebut inspektur polisi itu.

"Mari kita cintai alam semesta ini, tumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kita," tambahnya.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network