Atlet Lari Potensial IFG Labuan Bajo Marathon Dilirik untuk Dibina

Gecio Asale
.
Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:56 WIB
Foto bersama para juara dalam IFG Labuan Bajo Marathon 2022 di Waterfront City Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (29/10/2022).

Labuan Bajo, iNewsFlores.id - Para atlet yang menjadi jawara dalam gelaran IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dilirik untuk dibina menjadi atlet profesional. 

"Untuk calon atlet akan kami lihat, ada beberapa yang kami amati bagus,  kami akan bertemu dengan mereka untuk melihat potensi mereka ke depan terutama yang muda dan memiliki potensi jangka panjang," kata Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG), Robertus Bilitea kepada awak media, Sabtu (29/10/2022). 

Robertus Bilitea juga menjelaskan, pihaknya merasa senang atas penyelenggaraan ivent yang berjalan sukses. 

"Kami tentunya merasa senang, merasa puas karena ivent pertama ini berjalan dengan baik, race track rapi dan bersih dan rata-rata teman yang lari senang. Tracknya tentunya menantang, karena untuk half marathon dan marathon masuk kilometer 15 itu dipenuhi tanjakan dan turunan terjal. Tapi kalau kami lihat, semua peserta senang, kami berterima kasih panitia penyelenggara," katanya. 

Sebagai sponsor utama, lanjut dia, ivent tersebut diagendakan untuk menjadi ivent tahunan di Labuan Bajo. 

"Kami akan berkoordinasi dengan kementerian dan BUMN untuk memastikan IFG akan berjalan termasuk lomba dayung," katanya. 

Sementara itu, Keluar sebagai pemenang Marathon kelompok Female Elite adalah Oliva Sadi dengan waktu 4 jam 15 menit 29 detik, sedangkan kelompok Male Elite dimenangkan Difta Ibrula Unbanu dengan waktu 3 jam 9 menit 11 detik. Untuk kelompok Male Open dimenangkan Sunardin dengan waktu 3 jam 31 menit 30 detik dan Male Master dimenangkan Maulana Bachtiar dengan waktu 5 jam 4 menit 20 detik. 

Sementara untuk Half Marathon Female Elite dimenangkan oleh Afriana Paijo dengan waktu 1 jam 33 menit 40 detik. Untuk kategori Half Marathon kelompok Male Elite dimenangkan Omry Sina dengan waktu 1 jam 26 menit 41 detik. Half Marathon Female Open dimenangkan oleh Delvita Lodia Bakun dengan waktu 1 jam 42 menit 31 detik, sedangkan kelompok Male Open di kategori yang sama dimenangkan Mardiyanto dengan waktu 1 jam 38 menit 9 detik. Di kelompok Female Master, keluar sebagai juara adalah Bong Mariana dengan waktu 2 jam 25 menit 10 detik Heri Suharsono untuk Male Master dengan waktu 1 jam 49 menit 14 detik. 

Di kategori 10K kelompok Female Elite, posisi pertama ditempati oleh Irma Handayani dengan waktu 41 menit 10 detik dan untuk Male Elite, pemenang adalah Marselino Fallo dengan waktu 34 menit 47 detik. Sementara itu untuk kategori sama, kelas Female Open dimenangkan oleh Sunarti  dengan catatan waktu 42 menit 4 detik dan Oktovianus Talo untuk Male Open dengan waktu 36 menit 26 detik. Keluar sebagai juara dalam kelompok Female Master untuk kategori ini adalah Debby Meylia dengan catatan waktu 47 menit 23 detik, sedangkan untuk Male Master di kategori 10 K, pemenang pertama adalah Apriarto Muktiadi dengan waktu 41 menit 4 detik.

Di kategori 5K, posisi pertama ditempati oleh Yance Emilda Tasuab dengan waktu 21 menit 44 detik untuk kelas Female Elite, dan Sardyanus Sanam dengan waktu 18 menit 32 detik untuk Male Elite. Sementara itu, Female Open dijuarai oleh Rachel Christabelle Sual dengan catatan waktu 33 menit 3 detik, dan juara pertamauntuk kategori 5K Male Open adalah Sikito Soares dengan waktu 18 menit 30 detik. Di kelompok Female Master, juara pertama ditempati oleh Isabel Putri Yahya dengan catatan waktu 38 menit 15 detik, dan untuk Male Master adalah Arnoldus Wea dengan waktu 25 menit 40 detik.

Untuk kategori pelajar, pemenang lomba 5K Female adalah Fransiska Tobong dengan waktu 29 menit 38 detik, dan pemenang kelas Male ada Paulinus Ratu dengan waktu 21 menit 50 detik. Selain mendapatkan hadiah berupa uang, para pelajar juga mendapat bantuan beasiswa pendidikan.

Pihak Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) pun menyambut baik lahirnya bibit-bibit baru atlet lari nasional ini dan optimistis, di bawah pembinaan, para juara bisa terus berprestasi di kemudian hari.

“Sejak lama NTT telah melahirkan atlet-atlet lari berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia. “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” ini telah membukakan kembali pintu bagi pelari-pelari potensial untuk dibina menjadi atlet profesional dan berlaga di kancah nasional maupun internasional,” kata Sekjen PASI, Tigor Tanjung.

Terpisah, Wakil Bupati Manggarai Barat, dr Yulianus Weng mengapresiasi gelaran IFG Labuan Bajo Marathon. 

"Kami apresiasi panitia, persiapan singkat tapi sukses, hotel penuh semua, paling tidak ekonomi kita mulai naik, mereka siapkan booth 50 untuk UMKM. Ini luar biasa. Pemda tentunya dukung, dan ini sesuai misi kita di mana pariwisata sebagai prime mover," ujarnya. 

Para atlet di Manggarai Barat, lanjut dia, akan menjadi perhatian pemerintah daerah untuk terus dibina. 

"Kami akan perhatikan anak-anak ini (pemenang lomba asal Manggarai Barat), kami akan sampai kan ke kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga untuk pantau. Kami ingin sekolah sukses dan lari sukses," katanya. 

Sementara itu, rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” ditutup dengan hiburan oleh artis lokal dan nasional pada Sabtu malam.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News

Bagikan Artikel Ini