get app
inews
Aa Read Next : Kapal Wisata Sea Safari VII Terbakar di Perairan Pulau Penga, Labuan Bajo

Kisah Mantan PNS Kemenkeu Dulu Jualan Pulsa, Kini Sukses Kelola Local Collection Hotel Labuhan Bajo

Minggu, 10 Desember 2023 | 13:17 WIB
header img
Siapa mengira sosok Dr Ngadiman Sudiaman berhasil mengembangkan ekosistem pariwisata lokal ini ternyata mantan PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Foto: IST

Bahkan, hampir 90 persen dari tenaga kerja kami direkrut dari masyarakat lokal meski dengan sejumlah kesulitan. "Meskipun kami sadar bahwa kualitasnya di bawah rata-rata, kami tetap memberikan dorongan besar bagi mereka yang ingin maju. Kami memberikan pendidikan dan pelatihan. Mulai dari kerja sama antara Asparnas dengan STP Bandung dan Cakap.com, memberikan pelatihan bahasa kepada masyarakat lokal dan karyawan lokal, semuanya dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Perjuangan tidak sia-sia. Ia memberikan penghargaan kepada karyawan yang menunjukkan perkembangan, reputasi baik, dan dedikasi tinggi dalam usaha yang mereka bangun. "Karyawan yang mau berkembang, bekerja dengan baik, dan jujur tetap bertahan. Bahkan ada di antara mereka yang bergabung sejak awal pembangunan hotel. Mereka yang tidak kompeten atau tidak jujur, secara alami tersingkir seiring berjalannya waktu. Kami berhasil menjadi patokan dan rujukan bagi pariwisata di Labuan Bajo," jelasnya.

Bukti kesuksesan ini terlihat dari berbagai platform online yang memberikan promosi gratis untuk Local Collection Hotel, seperti Citylink. Bahkan beberapa influencer dan artis turut serta dalam promosi ini, bahkan ada yang menginap di Local Collection Hotel.

Mulai dari Raffi Ahmad dan keluarganya, Baim Wong, Ruben Onsu, Lukman Sardi dan istri, Wulan Guritno, Adipati Dolken, Sandrina, Irish Bella dan suaminya saat lalu, Irwansyah dan Saskia Sungkar. Termasuk pula beberapa influencer seperti Jovia Dhiguna, Tatjana Saphira, Ivan Gunawan, Ryan Ogilvy, dan lainnya. Bahkan finalis Miss Grand Internasional dan pejabat penting serta tamu negara dari berbagai negara saat G20 dan ASEAN Submit ikut berpartisipasi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut