get app
inews
Aa Read Next : Kapal Wisata Sea Safari VII Terbakar di Perairan Pulau Penga, Labuan Bajo

Kisah Mantan PNS Kemenkeu Dulu Jualan Pulsa, Kini Sukses Kelola Local Collection Hotel Labuhan Bajo

Minggu, 10 Desember 2023 | 13:17 WIB
header img
Siapa mengira sosok Dr Ngadiman Sudiaman berhasil mengembangkan ekosistem pariwisata lokal ini ternyata mantan PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Foto: IST

Manfaat dari bisnis ini tidak hanya dirasakan oleh mereka sendiri. Sebagai bentuk terima kasih, Ngadiman sering menyumbangkan sebagian pendapatan dari penjualan setiap kamar penginapan kepada anak-anak yatim piatu dan memberikan beasiswa kepada masyarakat lokal di Bajo dan NTT.

"Kami menyumbangkan Rp.5.000 dari setiap kamar yang terjual untuk program CSR yang ditujukan kepada masyarakat lokal. Kami juga membantu UMKM lokal dengan memajang produk mereka di galeri kami tanpa memungut biaya sewa. Sebagai apresiasi kepada karyawan terbaik, kami juga memberikan undian umroh setiap tahun ke tanah suci. Kami senang memberikan penghargaan dan beasiswa kepada pahlawan asli NTT. Kami juga mengundang siswa terbaik atau atlet internasional yang berprestasi, seperti Juara Dunia Olimpiade Matematika cilik, Nono ‘bocah ajaib’, hingga beasiswa kuliah. Kami juga mengundang atlet juara SEA Games dari NTT. Setiap tahun, kami juga mengundang anak-anak disabilitas untuk datang dan makan di Loccal Collection Hotel," terangnya.

Kedepannya, ia akan memulai proyek di Pulau Kelapa, Labuan Bajo, NTT, yang akan segera selesai. Pembangunan Local Collection di Manado, Nusa Penida, Raja Ampat, dan kawasan lain juga sudah dimulai. "Kami berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata di NTT, terutama di Labuan Bajo. Yang terakhir, kami mengikuti pameran di WTM di London pada tahun 2023. Kami tetap berkomitmen untuk membangun pariwisata Indonesia menjadi yang terdepan di dunia," tambahnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut