get app
inews
Aa
Read Next : PPK 3.4 Jalan Nasional Ngada Manggarai Bentuk Tim Pemantau Jalan

Aktivitas Perjudian pada Festival Kuliner di NTT Segera Dibubarkan TNI

Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:01 WIB
header img
Seorang warga saat melempar sebuah gelang di arena perjudian di lapangan Motang Rua, Ruteng. Foto: iNewsFlores.id/Ronald Tarsan

Ruteng, iNewsFlores.id - Aktivitas perjudian seperti lempar gelang dan bola gelinding turut mewarnai festival kuliner dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77. Festival food ini mulai digelar pada Sabtu malam (8/10/2022) di lapangan Motang Rua, Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT selama dua pekan ke depan.

Dari pantauan wartawan di lokasi, tampak puluhan bahkan ratusan warga silih berganti mengerumuni lokasi judi yang terletak di bagian timur lapangan Motang Rua itu. Tampak juga sejumlah warga silih berganti membeli gelang seharga Rp1.000, dengan sekali beli sebesar Rp5.000.gelang tersebut dilemparkan dan dimasukkan ke dalam sebuah kotak yang telah dimodifikasi.

Apabila beruntung, warga mendapatkan beragam hadiah yang telah disimpan dalam kotak yang telah dimodifikasi tersebut. Anehnya, meski sejumlah warga berupaya memasukan gelang tersebut ke dalam kotak yang telah dimodifikasi itu, namun upaya mereka sebagian besarnya gagal total. Bahkan warga harus merogoh kocek lebih dalam, karena terus berusaha memasukan gelang tersebut.

"Ada yang melempar ke hadiah jam tangan dan ada yang melempar ke baju dan hadiah sandal. Jika gelang itu masuk, pembeli bisa membawa jam tangan atau barang lainnya," kata seorang warga yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Festival Segera Dibubarkan

Merespon hal tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1612 Manggarai, Mayor Topan mengatakan, pihaknya tidak mengetahui bahwa ada aktivitas perjudian di festival food di Motang Rua, Ruteng. Sebab, belum dilakukan konfirmasi terhadap sejumlah pemilik stand yang mengisi festival tersebut.

"Siang ini kita tidak boleh lihat lagi, semua barang mereka tidak boleh ada lagi di situ. Kalau pun masih ada argumen, terpaksa acaranya kita hentikan," kata Mayor Topan kepada wartawan di markas Kodim 1612 Manggarai Selasa (11/10/2022).

Ia mengaku, pihaknya sempat mendapat informasi dari panitia pada Senin malam, terkait adanya aktivitas lempar gelang dan bola gelinding yang mewarnai festival kuliner tersebut.

"Jadi jelas, food kuliner ya bayangan kita adalah makanan. Setelah berjalan, ya ada kecenderungan jadi out of control," ujarnya.

Mayor Topan juga mengaku, pihaknya tidak mengambil keuntungan sedikit pun dari festival kuliner tersebut. Ia menegaskan, pihaknya akan menghentikan seluruh aktivitas festival tersebut apabila masih ada kegiatan yang bernuansa perjudian.

"Kalau enggak ditutup kegiatan itu, terpaksa kita hentikan semua kegiatan festival kuliner itu nanti," pungkas dia.

Editor : Yoseph Mario Antognoni

Follow Berita iNews Flores di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut